Menu

Sering Enggak Sadar, 5 Kebiasaan Sepele Ini Justru Bikin Wajah Cepat Tua, Hindari Deh!

14 September 2020 10:10 WIB

Ilustrasi penuaan (teleradioamerica.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, sering kesal enggak sih kalau diejek punya muka boros? Padahal kalau dari segi usia, umurmu masih sangat muda. Banyak hal yang mempengaruhi wajah terlihat lebih tua dengan usia yang masih belia. Salah satunya ialah pengaruh dari kebiasaan sepele yang sering dilakukan. 

Beberapa kebiasaan kecil yang terkesan sepele, seperti mengerutkan bibir hingga menggosok mata, menjadi salah satu pemicu timbulnya kerutan di wajah. 

Meski kelihatannya sepele, tapi kalau dilakukan dan dibiarkan terus menerus, kulit wajahmu akan terlihat lebih tua dari seusiamu, Beauty. Enggak cuma itu aja, banyak kebiasaan sepele lainnya yang juga bisa menyebabkan wajah cepat tua.

Merangkum dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020), berikut lima di antaranya.

Enggak menggunakan sunscreen yang menangkal UVB

Beauty, mungkin banyak di antaramu yang tahu betul kalau sunscreen dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Salah satunya ialah menangkal penuaan dini. Meski begitu, kamu harus jeli betul saat membeli sunscreen, karena enggak semua produk sunscreen itu bisa mencegah penuaan dini pada kulit.

Idealnya, sunscreen harus melindungi kulit dari UVA dan UVB. Meski keduanya sama-sama merusak kulit, cahaya ultra violet-A lah yang menyebabkan kulit cepat tua.

Pilih sunscreen dengan label broad spectrum, yang artinya dapat menangkal UVA dan UVB. Pilih pula sunscreen dengan kandungan SP minimal 30 ya, Beauty.

Kurang mengonsumsi air putih

Kurang asupan air putih juga menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan memicu penuaan pada kulit. Beauty perlu tahu, semakin tua kulit menjadi semakin kering lantaran enggak menghasilkan minyak sebanayak sebelumnya.

Untuk itu, asupan air putih sangat penting agar kulit tetap terhidrasi. Enggak cuma itu, dengan rutin minum air putih juga membantu kulitmu tetap cerah, lembap, juga sehat.

Sering menggosok mata

Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang memiliki kebiasaan menggosok mata saat bangun atau di sela-sela berkegiatan. Tahu enggak sih, menggosok mata rupanya dapat memicu lingkaran hitam di area mata lho.

Kalau kebiasaan itu enggak bisa dihentikan, cobalah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bisa saja, kamu terkenal alergi sehingga mata terasa gatal dan sering menggosoknya.

Tidur menyamping

Kebiasaan lain yang bikin kulit wajah cepat tua ialah tidur menyamping. Posisi tidur menyamping dapat menekan kulit selama beberapa jam saat terlelap. Kebiasaan ini juga akan menimbulkan kerutan dan mengakibatkan penuaan.

Ada baiknya, biasakan tidur dengan posisi telentang. Enggak hanya menghindari penuaan pada kulit, tidur telentang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti mengurangi tekanan sakit kepala, dan melaraskan tulang bagian belakang.

Sering begadang

Terakhir ialah kebiasaan begadang yang membuat kulit cepat tua. Kurang tidur dan sering begadang menimbulkan lingkar hitam pada area mata.

Area mata bisa dibilang begitu rentan mengalami penuaan dini karena kulitnya lebih tipis dan juga lembut. Untuk itu, usahakan memiliki waktu tidur yang cukup dan jangan terlalu banyak begadang ya, Beauty.

Kulit sehat lahir dari pola hidup yang sehat pula. Semoga bermanfaat!