Menu

Khasiat Sawi Putih Bikin Moms Terbelalak, Cocok Dikonsumsi Menjelang Iduladha Nih Moms!

01 Juli 2022 22:22 WIB

Cah Sawi Putih Telur (Instagram/lusiaa_vv)

HerStory, Jakarta —

Siapa sangka, sayuran yang kerap dianggap sepele ini memiliki manfaat yang biasa untuk kesehatan. Ya, sawi putih mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti magnesium, beta karoten, kalsium, potassium, serat, glutamin, vitamin A, B kompleks, C, dan antioksidan.

Bahkan, untuk mengonsumsinya pun cukup mudah Moms. Kamu bisa makan sebagai lalapan atau diolah menjadi berbagai menu, salah satunya ditumis. Nah, kira-kira apa sih manfaat sawi putih? Langsung aja yuk Moms kepoin!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat mengonsumsi sawi putih adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C dalam sayuran ini sangat tinggi sehingga imun tubuh akan semakin diperkuat untuk menangkal banyak jenis penyakit berbahaya.

2. Menjaga Sirkulasi Darah

Apabila ingin melancarkan sirkulasi darah, maka makan sawi putih menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan. Sawi putih efektif dalam menghilangkan hambatan dalam pembuluh darah sehingga aliran darah bisa kembali normal dalam waktu cepat.

3. Sebagai Sumber Serat

Manfaat sayur sawi putih adalah sebagai sumber serat yang amat baik. Dengan mengonsumsi cukup serat setiap hari, terbukti akan memiliki berat badan lebih ideal. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung dan beberapa jenis kanker juga akan lebih rendah.

Sebab, serat yang tidak hancur dalam proses pencernaan akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Salah satu menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi sawi putih. Sebab, sawi putih memiliki kandungan vitamin A serta alfa-karaoten. Menariknya lagi, kandungan antioksidan dalam sawi putih pun bisa melindungi retina dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan begitu, sawi putih amat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak serta rabun senja.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat sawi putih untuk kesehatan berikutnya adalah bantu menurunkan kolesterol. Sebab, sayuran yang satu ini memiliki sumber serat larut yang baik. Bahkan, suatu penelitian menunjukkan bahwa 40 persen serat yang ditemukan dalam kubis dapat larut.

Selain itu, sebuah analisis besar dari 67 studi menunjukkan apabila orang makan 2 sampai 10 gram serat larut per hari, maka mereka akan mengalami sedikit penurunan kadar kolesterol LDL sekitar 2,2 mg per desiliter.

Sawi putih juga mengandung zat yang disebut fitosterol, yakni menurunkan kolesterol LDL dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan tersebut.

Setelah melihat manfaat di atas, cocok nih Moms jika dikonsumsi menjelang iduladha. Seperti tradisi masyarakat Indonesia pada umumnya, di momen iduladha para umat muslim akan menyembelih hewan kurban dan membagikannya dengan masyarakat sekitar.

Hal ini tentu bisa memicu naiknya kolesterol tingg. Jadi, tak ada salahnya kalau Moms konsumsi sawi putih untuk mencobanya.