Menu

Perhatikan! 4 Makanan Ini Pantang Dikonsumsi Setelah Jam 4 Sore, Tiati Bisa Bikin...

04 Juli 2022 15:45 WIB

Ilustrasi wanita makan siang di meja kerja. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang yang tengah berdiet dan menurunkan berat badan pasti akan makan sedikit mungkin demi mempercepat prosesnya.

Bagaimana pun juga, tubuh tetap butuh asupan nutrisi dari makanan untuk dijadikan energi dan menjaga kekebalan tubuh.

Mengurangi porsi makan kerap jadi strategi seseorang saat sedang menurunkan berat badan. Tetapi itu saja sebenarnya tak cukup.

Daripada mengurangi jumlah makan, diberitakan dari suara.com mencuplik Medical Daily, sebaiknya atur jenis makanan yang dikonsumsi jadi lebih sehat. 

Selain itu penting untuk tahu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari, terutama saat mendekati waktu malam.

Berikut empat makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi setelah jam 4 sore.

1. Keripik kentang

Makanan ini memang nikmat disantap sebagai camilan. Tetapi, walaupun mungkin jumlahnya terlihat sedikit tapi kalorinya hampir sama dengan sepiring nasi.

Menurut Livestrong, mengonsumsi makanan berlemak, keripik, dan makanan yang digoreng termasuk makanan tak sehat dan justru berisiko menambah berat badan.

Meskipun keripik kentang mengandung sedikit serat, protein, dan nutrisi lain, tetapi terlalu tinggi sodium. Jumlah natrium yang berlebihan umumnya berbahaya bagi kesehatan.

2. Roti putih

Lantaran mengandung karbohidrat, roti kerap jadi alternatif pengganti nasi saat sedang diet. 

Tapi, sebaiknya jangan pilih roti putih karena kandungannya berupa karbohidrat simplek yang akan menaikan gula darah dengan cepat.

Peningkatan gula darah apabila tak digunakan sebagai energi akan diubah oleh tubuh menjadi lemak sebagai cadangan energi. 

Apabila tetap ingin mengonsumsi roti, disarankan untuk pilih yang berbahan gandum.

3. Permen batangan

Rasanya yang manis bisa dipastikan mengandung tinggi gula. Walaupun enak dijadikan camilan, tapi bukan makanan yang tepat bagi orang yang sedang diet menurunkan berat badan.

Karena porsinya yang kecil, orang mungkin akan cenderung makan lebih dari satu. Akibatnya, jumlah kalori juga gula yang masuk ke tubuh pun akan berlebih. 

Penting untuk selalu diingat bahwa kadar gula yang tak terpakai menjadi energi akan diubah oleh tubuh menjadi lemak.

4. Es krim

Menyantap es krim sore hari saat cuaca panas memang menggiurkan. Tapi, jangan mudah tergiur apabila ingin menurinkan berat badan. Selain gula, es krim juga biasanya mengandung banyak susu.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.