Menu

5 Penyebab Sering Sakit Pinggang saat Bangun Tidur, Perhatikan Nih!

05 Juli 2022 07:09 WIB

Ilustrasi sakit pinggang. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang yang tidur berharap mendapatkan tubuh yang segar dan bugar saat bangun. Namun, masih ada beberapa orang yang justru merasa sakit pinggang saat bangun tidur.

Bangun dengan sakit pinggang dapat membuat hari seseorang menjadi lambat dan enggak bersemangat menjalani aktivitas. Kamu tahu enggak apa penyebab seseorang bangun dengan keadaan sakit pinggang?

Melansir dari laman Healthline, berikut ini beberapa penyebab sering sakit pinggang saat bangun tidur. Yuk, simak baik-baik, ya!

Degenerative disc disease

Degenerative disc disease atau erthritis tulang belakang merupakan penyempitan kanal tulang belakang lumbar yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Kondisi ini dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan rasa sakit, kekakuan, dan mobilitas berkurang yang biasanya memengaruhi punggung bawah leher.

Fibromyalgia

Nyeri punggung dan kekakuan di pagi hari juga bisa disebabkan oleh fibromyalgia. Fibromyalgia adalah gangguan kronis yang dapat menyebabkan nyeri tekan di berbagai bagian tubuh.

Berolahraga berlebihan sehari sebelumnya

Olahraga teratur dapat membantu memperkuat pinggang dan mengurangi nyeri pinggang, tapi melakukannya secara berlebihan dapat menyebabkan sakit pinggang dan kekakuan di pagi hari.

Posisi tidur buruk

Beberapa posisi tidur bisa memberikan tekanan ekstra pada pinggang, pinggul, dan leher. Makanya, posisi tidur yang buruk bisa mengakibatkan nyeri pinggang saat bangun tidur.

Bangun dari tempat tidur dengan enggak benar

Bangun terlalu cepat atau membungkuk terlalu jauh ke depan saat turun dari tempat tidur dapat menyebabkan ketegangan pada punggung.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa bangun tidur sering sakit pinggang. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan