Menu

Jelang Iduladha, Waspada Kolesterol Jahat Naik Meroket, Ini Tandanya yang Harus Diperhatikan!

05 Juli 2022 14:00 WIB

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (Pinterest/Edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, enggak terasa sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Iduladha. Nah, Iduladha biasanya identik dengan melimpahnya daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing.

Mengonsumsi terlalu banyak daging merah akan memengaruhi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika dibiarkan, kolesterol tinggi bisa menimbulkan penyakit serangan jantung atau stroke.

Untuk itu, kamu harus mengetahui apa saja tanda-tanda kolesterol tinggi supaya bisa mencegahnya dengan benar. Sudah tahu apa saja tandanya?

Melansir dari berbagai sumber (5/7/2022), kolesterol tinggi biasanya enggak menimbulkan gejala tertentu. Kamu bisa mengetahuinya jika melakukan tes kolesterol.

Gejala kolesterol tinggi

Gejala kolesterol tinggi juga bisa diketahui dengan tanda-tanda nyeri di beberapa area tubuh, di antaranya lipid serum dan nyeri punggung bawah.

Menurut studi yang diterbitkan dalam National Library of Medicine National Intitutes of Health AS, tanda nyeri pada lippid serum dan nyeri punggung bawah dinilai saling berkaitan.

Studi tersebut menemukan bahwa rasio HDL-C yang rendah dan rasio LDL-C/HDL-C yang tinggi secara signifikan dikaitkan dengan nyeri punggung bawah yang mengindikasikan nyeri yang dirasakan punggung dapat menunjukkan kadar kolesterol yang tinggi. 

Dalam studi lain, kasus sakit perut dan penyakit penyimpanan ester kolesterol diteliti. 

"Penyakit penyimpanan ester kolesterol (CESD) adalah dislipidemia yang sangat langka dengan kurang dari 150 kasus yang dilaporkan dalam literatur medis," jelas studi itu.

Medicover Hospitals menjelaskan bahwa nyyeri dada, terutama di sisi kiri menandakan penumbatan pembuluh darah di sekitar jantung dan bisa menimbulkan rasa sakit.

Terkadang, rasa sakit bisa menyebar ke leher. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan nyeri dada dan juga bisa menjadi tanda serangan jantung.