Menu

Jadi Menantu Idaman, 5 Tips Jitu Ini Bantu Kamu Menjaga Hubungan Harmonis dengan Mertua

15 September 2020 18:15 WIB

Ilustrasi mertua dan menantu rukun (Dreamstime.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Rahasia kehidupan pernikahan yang bahagia, enggak cuma tentang seberapa harmonis hubunganmu dengan suami. Hubungan yang sehat dengan mertua, juga ikut andil di dalamnya lho, Beauty!

Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang merasa kesulitan saat mengembangkan ikatan dengan mertua. Mungkin, kamu merasa takut bila sikapmu enggak sepenuhnya diterima oleh mertua. hal inilah yang membuatmu merasa canggung saat berhadapan dengannya.

Beauty, selain mencintai suami, kamu juga harus bisa mencintai keluarganya, terutama orang tuanya. Bnayak hal yang bisa kamu lakukan agar hubungan harmonis dengan mertua tetap terjaga dengan baik.

Menyadur dari laman Boldsky, Selasa (15/9/2020), berikut lima tips jitu yang membantumu menjaga hubungan dengan mertua.

Bersikap sopan

Hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah bersikap sopan kepada mertua. Dalam kondisi mertua marah sekali pun denganmu, kamu tetap harus berikap sopan kepadanya. Anggap mertua, layaknya ibu yang melahirkanmu.

Jangan bersikap kasar kepadanya, karena hal ini bisa melukainya dan merusak hubunganmu dengan mertua. Kalau mertua sudah enggak menyukai sikapmu, mungkin ia beranggapan kalau putranya telah salah dalam memilih pendamping hidup.

Mengenalnya lebih dalam

Ini adalah langkah penting lainnya untuk membangun hubungan bahagia dan kuat dengan mertua. Mertua akan sangat tertarik untuk mengetahuimu lebih dalam, begitu pun sebaiknya. 

Alih-alih menjawab pertanyaannya, kamu bisa mencoba mengetahui kebiasaan, proses berpikirnya, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, kamu akan bisa lebih dekat dengan ibu mertua.

Banyak-banyak bersabar

Sebagai menantu perempuan, kamu harus bersabar saat bersamanya. Akan ada saatnya, kamu menemukan perilaku mertua yang membuatmu jengkel. Tapi kamu harus bersabar untuk menghadapinya. 

Kalau kamu menanggapi sikap mertua yang menjengkelkan dengan berlebih, hal ini bisa saja mempengaruhi ikatanmu dengannya. Cobalah tetap berpikir positif di samping perilaku menjengkelkannya mertua yang harus kamu hadapi.

Hargai mereka

Beauty, semua orang tentu senang bila dihargai, begitu pun dengan mertuamu. Enggak cuma bersikap sopan, tapi kamu juga harus menghargainya sebagai orang tua yang telah melahirkan suamimu. 

Beri pujian dari setiap apa yang ia lakukan saat bersamamu. Kalau mertua memberikanmu hadiah, ucapkan terima kasih dan lakukanlah hal yang serupa, memberinya hadiah pula.

Dengarkan apa yang ia katakan

Untuk membangun hubungan yang kuat dengan siapa pun, penting bagimu untuk selalu mendengarkan perkataannya. Coba perhatikan apa yang ibu mertua katakan. Beauty, mertua juga ingin selalu didengarkan oleh menantunya lho!

Daripada menyela di tengah percakapan, kamu bisa menunggu kesempatan untuk berbicara. Hal ini enggak cuma bikin dia bahagia, tapi mertua juga merasa lebih dihargai olehmu.

Semoga bermanfaat!