Menu

Realita Gak Seindah Kenyataan, Ini Awal Pahit yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Lebih Baik! Nomer 1 Penting Banget!

06 Juli 2022 08:25 WIB

Ilustrasi wanita individualis. (Autumndamask.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kepahitan dalam menjalani hidup ternyata gak selamanya berujung sensara lho Beauty! Bisa jadi, kepahitan yang tengah kamu rasakan adalah awal untuk suatu permulaan yang membahagiakan. Karena pasalnya, ada beberapa orang yang harus sakit-sakit dahulu baru bisa menikmati kebahagiaan di kemudian hari.

Tak terkecuali dalam menjalin hubungan, baik itu asmara maupun rumah tangga, seringkali ada pil pahit yang harus kita tekan demi mendapatkan kebahagiaan. Apa saja kepahitan itu?

1. Bahagiamu adalah tanggung jawabmu 

Banyak dari kita yang mengharapkan kebahagiaan dari pasangan. Seolah menjadi kewajiban pasangan untuk membahagiakan kita. Pikiran tersebut harus kita buang jauh-jauh. Karena sejatinya tanggung jawab untuk membahagiakan diri adalah diri kita sendiri.

Ketika kamu menghendaki bahwa kewajiban untuk membuatmu bahagia adalah milik pasangan, maka secara tak langsung kamu akan menuntut banyak hal dari pasangan demi dirimu sendiri. Itu bukan hal yang baik. Selain itu, kamu juga akan lebih bergantung kepada orang lain.

2. Telan omongan orang lain

Salah satu hal yang tak bisa kita hindari dalam hidup adalah omongan orang lain. Di manapun tempatnya, dengan siapapun kita membangun interaksi, omongan orang lain akan terus menghiasi.

Kita harus memahami bahwa apapun yang orang lain sampaikan, efeknya tak akan lama, kok. Pasti mereka jenuh dan bahkan banyak topik baru yang lain. Jadi, kamu tak perlu menjadikannya beban di dalam hati.

Namun, kita juga harus memikirkan setiap tindakan agar jangan sampai memancing gunjingan orang lain. Kita tak bisa mengontrol mulut setiap orang, tapi kita bisa menahan diri kita dan mengontrol segala sesuatu yang kita lakukan. 

3. Semakin cepat move on, semakin baik

Ketika kamu sedang mengalami patah hati, bukan hal yang mudah untuk menerimanya. Tak semudah itu untuk lupa dengan setiap kenangannya. Tapi siapa sangka, bahwa semakin cepat kamu move on, semakin baik untuk kebahagiaan dirimu sendiri. 

Kisah yang sudah kandas, tak akan bersatu kembali sekalipun kamu menangisinya siang dan malam. Bukannya si dia merasa iba, yang ada hanyalah kamu yang dirugikan waktu dan tenaganya. 

Terimalah segala hal dalam hidup ini, bahkan hal-hal yang tak kita inginkan sekalipun. Tak mudah, tapi kita harus mencobanya kalau ingin merasa bahagia. 

4. Pikiranmu dan pasangan tak bisa sama

Selama apapun kamu menjalin hubungan dengan seseorang, tak akan mungkin bagimu untuk selalu memiliki pikiran dan pendapat yang sama. Hakikatnya, sedekat apapun kalian, tetaplah dua kepala.

Kamu tak bisa memaksa pasangan untuk setuju dengan segala hal yang kamu asumsikan. Perbedaan itu seharusnya bisa menjadi warna dan penguat bagi hubungan.

5. Cinta itu tak menyakitkan 

Cinta itu tak menyakitkan. Kalau kamu merasa kesakitan dalam menjalin hubungan, itu artinya bukanlah cinta. Cinta yang sesungguhnya adalah saling menerima, melengkapi dan menjaga.

Tapi kamu tentu akan selalu berpegang teguh bahwa itu adalah cinta karena kamu merasa tak siap untuk kehilangan pasangan. Itulah konsekuensinya. Kamu harus membuat pilihan apakah kamu akan terus kesakitan demi satu orang, atau melepaskannya dan mencari cinta yang sesungguhnya.

Itu dia 5 pil pahit yang harus kita telan karena akan membuat hubungan menjadi lebih baik.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.