Menu

Moms, Bacakan Dongeng untuk Anak Sebelum Tidur Punya Banyak Manfaat untuk Buah Hati, Lho!

16 September 2020 11:50 WIB

Ibu membangunkan anak yang masih tidur (Alodokter/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Untuk beberapa orang, membaca bisa menjadi alternatif hal yang bisa membuat mereka menjadi lebih tenang dan nyaman serta menambah wawasan. Meski kini zaman sudah mulai didominasi dengan kemajuan teknologi, namun untuk para ibu, enggak ada salahnya untuk tetap membacakan dongeng untuk anak-anak sebelum mereka tidur, kok.

Hal ini dilakukan karena bisa membantu anak dalam meningkatkan kemampuan mereka. Selain itu, ada banyak lagi manfaat yang bisa diberikan kepada anak-anak dengan membacakan dongeng untuk mereka. Yuk, Moms, kita cari tahu!

Kemampuan Bahasa Meningkat

Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak yang terbiasa dibacakan dongeng sebelum tidur memiliki kemampuan berbahasa yang relatif tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang enggak. Hal ini terjadi karena anak yang enggak dibacakan dongeng sebelum tidur enggak memiliki aktifitas di otak bagian verbal processing. Selain itu, hal ini bisa membantu anak kita untuk menambah kosa kata mereka.

Mengenal Banyak Objek

Alat peraga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengajarkan buah hati untuk lebih mengenal obje-objek yang diceritakan kepada mereka. Hal ini yang membuat buku dongeng sangat baik untuk anak-anak dalam berimajinasi mengenai karakter di dalam cerita. Selain itu, buku dongeng yang memiliki tekstur lipatan dengan gambar tersembunyi juga baik untuk buah hati dengan meningkatkan kemampuan motorik mereka.

Asah Logika Anak

Menurut Virginia Walter P.Hd., seorang associate professor studi edukasi dan informasi di University of California, Los Angeles, saat pertama kali diceritakan si anak mungkin enggak langsung memahami. Namun jika terus menerus diulang maka anak akan dapat menebak apa yang terjadi selanjutnya dengan mengenali pola, urutan kejadian, sehingga dapat menebak akhir dari suatu cerita.

Artikel Pilihan