Menu

Sering Canggung Saat Bertemu Orang Baru? Lakukan 7 Hal Ini untuk Mengatasinya!

22 November 2020 21:45 WIB

Relationship (Unsplash/Priscilla Du Preez)

HerStory, Jakarta —

Ketika sedang berada di tempat umum, pastinya sering bertemu dengan orang asing kan, Beauty? Keadaan itu tentunya kadang membuat kita jadi canggung untuk memulai percakapan.

Rasa takut muncul ketika ingin memulai percakapan, takut dianggap sok akrab hingga orang yang enggak sopan. Jika kamu ingin terhindar dari rasa canggung itu, coba yuk ikut beberapa tips berikut ini yang akan memudahkan kamu untuk memulai percakapan yang baik:

1. Diskusi Tentang Lingkungan Sekitar

Ini adalah salah satu teknik yang berguna di berbagai situasi. Cukup gunakan indera pengelihatan untuk mengamati lingkungan tempatmu berada dan beberapa petunjuk visual dasar tentang orang tersebut sebelum memulai percakapan.

Ambil isyarat dari tempatmu berada atau sesuatu yang mungkin dipegang orang itu, seperti buku atau merek kopi tertentu. Gunakan itu sebagai topik untuk memulai percakapan.

Misalnya: “Hei! Itu buku yang bagus, Sudahkah kamu membaca XYZ oleh penulis yang sama?" atau "Saya suka kentang goreng yang mereka sajikan di restoran ini. Mereka yang terbaik!"

2. Buat Lawan Bicaramu Nyaman

Ekspresikan minatmu saat berbicara denga orang yang kamu ajak bicara. Hal ini berguna untuk memulai percakapan dan membantu mereka untuk nyaman berbicara denganmu. Dalam suatu percakapan, mengajukan pertanyaan mengenai kota asal merupakan awalan yang bagus dan enggak terlalu bersifat pribadi. Plus, jika kamu berasal dari tempat yang sama maka akan lebih banyak bahan untuk dibicarakan.

Tidak perlu khawatir jika kamu enggak tahu tempat mereka berasal. Kamu bisa melanjutkan dengan pertanyaan mengenai makanan dan budaya tempat itu. Pertanyaan itu umumnya dianggap topik aman dan sopan.

3. Ajukan Pertanyaan Pribadi Secara Perlahan

Cuaca selalu merupakan topik yang aman dan sering dianggap sebagai obrolan ringan, tetapi obrolan ringan yang tepat dapat berarti dikemudian hari. Obrolan ringan merupakan cara yang tepat ketika kamu baru saja bertemu seseorang. Apa pun pertanyaan yang lebih pribadi bisa terasa mengganggu. Jaga percakapan agar tetap ringan dan sederhana, terutama jika baru mengawali obrolan.

4. Perhatikan Hal Kecil

Hal-hal kecil mungkin dilupakan, namun itulah yang membuat perbedaan besar. Menanyakan kepada lawan bicara tentang hal-hal yang sering diabaikan dan membangkitkan perasaan adalah salah satu cara untuk menarik perhatian lawan bicara.

Contoh pertanyaan: Apa hal terbaik yang terjadi padamu hari ini?

Pertanyaan ini mengungkapkan minat yang tulus pada kehidupan orang lain. Pertanyaan ini juga menyebarkan getaran positif serta menyebarkan aura menyenangkan dan baik hati.

5. Gunakan Humor

Humor adalah sesuatu yang biasanya jarang diabaikan dan enggak ada orang yang bisa menahan tawa. Humor menghubungkan orang. Jika kamu diberkati dengan selera humor yang baik, gunakan itu dengan mengatakan sesuatu yang lucu. Berhati-hatilah agar tidak mengatakan sesuatu yang kasar atau sesuatu yang mungkin disalahartikan.

6. Gunakan Acara atau Budaya Terkini

Tanyakan tentang sesuatu yang baru-baru ini menjadi viral seperti lagu, film, atau hidangan makanan. Hindari pertanyaan mengenai politik. Kebanyakan orang membangun koneksi ke hal-hal yang terjadi di dunia di sekitar mereka seperti peristiwa viral baru-baru ini atau item yang layak diberitakan.

7. Minta Bantuan

Enggak banyak orang menyadari trik psikologis sederhana ini. Meminta bantuan lawan bicara membuat mereka tahu bahwa mereka berada dalam posisi dominan dan kebanyakan orang enggak akan menolak untuk membantu.

Misalnya, "Bolehkah saya meminjam pena Anda sebentar?"

Nah itu dia beberapa bahasan yang bisa kamu coba saat bertemu dengan orang asing. Enggak ada alasan lagi untuk bersikap canggung ya, Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana