Menu

Waspada Moms, Begini Dampak Negatif Penggunaan Empeng untuk Bayi!

17 September 2020 16:15 WIB

ilustrasi anak sedang ngempeng (Pexels/Arie Van)

HerStory, Jakarta —

Empeng menjadi salah satu hal yang paling banyak digunakan oleh bayi, harus diakui sebagian besar bayi yang sedang rewel dapat menjadi lebih tenang setelah diberikan empeng. Walaupun dapat membuat bayi menjadi lebih tenang, nyatanya penggunaan empeng  untuk bayi nggak disarankan oleh para dokter lho moms. 

Hal tersebut dikarenakan penggunaan empeng pada dapat memberikan berbagai dampak negatif. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa dampak negatif penggunaan empeng pada bayi.

Pertumbuhan gigi terganggu

Walaupun dapat menenangkan bayi ketika sedang rewel, ternyata penggunaan empeng dapat menghambat pertumbuhan giginya lho moms. Hal ini terjadi karena saat anak sering ngempeng sambil tertidur secara langsung cairan susu akan menggenang di mulutnya, akibatnya berbagai bakteri akan tumbuh dan membuat gigi bayi menjadi berlubang atau menghitam.

Menyebabkan bingung puting

Beberapa bayi yang menggunakan empeng akan mengalami bingung puting saat sedang menyusu langsung dari payudara sang mama. Hal tersebut terjadi karena ia sudah terbiasa dengan empeng yang ia gunakan sehari-hari dibandingkan menyusu langsung. Ada baiknya sebelum meberi empeng pada bayi, moms harus melatih si bayi agar bisa menyusu dari payudara langsung dengan baik dan benar. 

Menyebabkan ketergantungan

Terlalu sering memberikan empeng kepada bayi bisa membuatnya ketergantungan pada empengnya. Kebiasaan ngempeng tersebut dikhawatirkan dapat berlanjut sampai ia beranjak ke usianya yang lebih tinggi. Nggak hanya itu hal tersebut juga dapat memberikan dampak buruk terhadap tumbuh kembangnya. Untuk mengurangi ketergantungan tersebut, ada baiknya moms jangan terlalu sering memberikan ia empeng ketika sedang rewel.

Semoga bermanfaat, Moms!