Menu

Deretan Tips untuk Didik Anak Meski Tinggal Bareng Mertua!

17 September 2020 10:54 WIB

Working mom dan anak (Job-Like Magazine/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Untuk pasangan suami istri yang masih tinggal bersama mertua atau orang tua sendiri pasti sering merasa bingung dan kagok ketika harus mendidik anak-anak mereka. Karena terkadang, orang tua dan mertua sering ingin ikut dalam mendidik cucu mereka.

Maksud yang mereka inginkan sebenarnya baik, kok, Moms. Namun, karena sekarang zaman sudah mulai berubah, kita sebagai orang tua pasti lebih memahami cara mendidik yang baik untuk anak-anak kita di zaman sekarang dan sudah pasti hal ini akan berbenturan dengan cara mertua kita.

Lalu bagaimana, sih, cara yang baik dan tepat untuk mendidik anak ketika masih tinggal dengan mertua? Berikut ini tipsnya!

Berdiskusi dengan Suami

Kamu bisa mencoba untuk berdiskusi dengan suami kamu terlebih dahulu mengenai pola pengasuhan anak yang menurut kalian terbaik, jika kalian sudah memutuskan, maka baru kalian bisa membicarakan rencana kalian kepada mertua. Kalian bisa menceritakan bagaimana pola asuh yang akan kalian berikan kepada anak-anak kalian kepada mertua agar mereka bisa ikut memahami tujuan kalian.

Jelaskan rencana kalian dengan baik dan mudah dipahami, jika mertua memberikan saran bisa kamu dan suami pertimbangkan lagi apakah masih bisa memenuhi tujuan kalian atau enggak, karena bagaimana pun juga keputusan akan tetap ditangan kalian. Jika kalian mengajak mertua dalam diskusi tersebut, secara enggak langsung kamu sudah mengajak mertua untuk mengerti dan menghargai keputusan kamu dan suami, lho!

Menolak dengan Tegas namun Santun

Selanjutnya, jika kamu sudah memberikan rencana kamu kepada mertua dan mereka memberikan saran yang enggak sesuai dengan tujuanmu, maka kamu berhak menolak saran mereka. Meskipun, cara menolak yang digunakan harus tetap santun namun tetap tegas. Hal ini juga berlaku, ketika mertua mencoba ikut berpartisipasi dalam mengasuh anak, kamu bisa membicarakannya secara baik-baik kepada mertua kamu.

Terapkan Pola Asuh dari Mertua

Jika, mertua kamu memberikan saran dan kamu mengambil saran tersebut maka kamu harus tetap mendiskusikannya kepada suami. Apabila dianggap masih sejalur dengan rencanamu dengan suami, maka kamu boleh mencoba untuk menerapkannya kepada anak-anak. Tentu,sebagai sesama orang tua, kamu dan mertua akan selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Kalau pola asuh yang disarankan oleh mertua kamu bisa lebih baik, maka enggak ada salahnya untuk mencoba menerapkannya kepada anak-anak kalian. Hal ini juga bisa membuat kamu menjadi lebih mudah karena kamu dibantu untuk mengasuh dan mendidik anak.

Gak Segan Minta Saran

Terakhir, akan menjadi sebuah keuntungan untuk kamu jika kamu masih tinggal dengan mertua, karena kamu menjadi lebih mudah bertanya kepada mertua mengenai cara mengasuh dan mendidik anak. Oleh karena itu, kamu tak boleh segan dalam meminta saran kepada mereka. Akan lebih baik, jika kamu dan mertua bisa mempraktekkan cara pengasuhan secara bersama-sama.

Dengan begini, hubungan kamu dengan mertua juga akan menjadi lebih baik dan harmonis, kemudian kamu juga bisa memiliki pengasuhan penuh terhadap anak-anak kamu.

Semoga membantu ya, Moms!