Menu

Jangan Takut Kolesterol Naik, Ini 4 Cara Sehat Konsumsi Daging Kurban saat Iduladha!

11 Juli 2022 10:45 WIB

Daging Kurban (Foto:Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Hari Raya Iduladha identik dengan santapan olahan daging sapi dan daging kambing. Namun, banyak orang yang takut kadar kolesterolnya naik setelah mengonsumsi daging sapi dan kambing.

Nah, untuk mencegah naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh, kamu bisa mencari cara sehat mengonsumsi daging sapi dan kambing. Sudah tahu belum?

Melansir dari berbagai sumber (11/7/2022), berikut ini beberapa cara sehat mengonsumsi daging kurban yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak baik-baik, ya!

Pilih metode masak yang tepat

Cara mengolah dan memasak daging sapi dan kambing harus lebih diperhatikan. Sebab, itu dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebaiknya, jangan menggunakan santan pada olahan daging yang kamu masak. Ada beragam olahan daging sapi dan kambing tanpa santan yang bisa kamu buat, seperti sup daging sapi, daging bumbu kecap, daging sapi lada hitam, dan lainnya.

Pilih daging yang enggak berlemak

Bagian daging yang dikonsumsi juga bisa menentukan kandungan lemaknya. Sebab, ada beberapa bagian daging yang kandungan lemaknya tinggi, seperti sandung lamur atau bagian iga.

Jangan makan berlebihan

Kalau kamu tetap ingin mengolah daging sapi dan kambing dengan jenis daging yang berlemak dan bersantan, sebaiknya enggak mengonsumsi secara berlebihan. Cukup konsumsi dalam porsi sedang saja dalam sekali makan.

Konsumsi sayuran

Saat Iduladha jangan hanya mengonsumsi daging saja, tapi harus diimbangi dengan sayuran. Peran sayur sangatlah penting untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat di saluran pencernaan.

Nah, itulah beberapa cara sehat mengonsumsi daging sapi atau kambing tanpa takut kolesterol naik. Ikuti ya, Moms!