Menu

Moms Harus Waspada!!! Begini 5 Tanda Janin sedang Bermasalah

17 September 2020 19:00 WIB

Ibu Hamil. (Unsplash/freestocks.org)

HerStory, Jakarta —

Menantikan kelahiran sang buah hati memang jadi momen yang paling membahagiakan bagi para moms. Sebelum waktu kelahiran tersebut tiba, para moms akan senantiasa menjaga dan merawat kandungan tersebut agar selalu sehat dan memenuhi berbagai kebutuhan gizinya. 

Nggak hanya merawat dan memenuhi berbagai kebutuhan gizinya saja yang harus diperhatikan lho moms, tetapi berbagai tanda-tanda yang kerapkali muncul saat sedang mengandung juga perlu diperhatikannya ya. Karena bisa saja berbagai tanda-tanda yang muncul  tersebut dapat mengakibatkan berbagai masalah dalam kandungan. 

Melansir dari berbagai sumber, begini lima tanda adanya berbagai masalah dalam kandungan.

Kram perut

Saat sedang mengandung sang buah hati, kram pada perut memang menjadi hal yang seringkali muncul. Tetapi moms harus waspada lho jika kram pada perut tersebut terjadi terlalu lama dan terasa sangat menyakitkan, hal tersebut dapat menjadi sebuah tanda bahwa janin sedang bermasalah. Jika para moms mengalami hal tersebut, segera konsultasikan ke dokter ya!

Pendarahan 

Pendarahan yang terjadi saat kehamilan menjadi sebuah hal yang harus diwaspadai. Jika pendarahan yang terjadi sangat banyak dan menimbulkan rasa sakit dan hal tersebut terjadi pada pertengahan kehamilan, ada baiknya jika para mmoms segera ke dokter  untuk melakukan pemeriksaan kandungan.

Terkadang pendarahan selama kehamilan merupakan pertanda yang kurang baik, khususnya pada daerah genital. Dimana hal tersebut dapat mengindikasikan keguguran. Nggak hanya itu, pendarahan yang berlebihan pada masa kehamilan juga menjadi masalah pada plasenta yang mengakibatkan bayi terlahir prematur.

Enggak ada gerakan dari janin

Normalnya, janin akan melakukan gerakan yang aktif. Sekitar 20 minggu kehamilan, moms biasanya mengalami sepuluh tendangan tiap 2 jam. Namun jika sang bayi enggak menendang atau frekuensi tendangannya lebih sedikit dari biasanya, kemungkinan besar janin mungkin saja memilki masalah yang berbeda.

Nyeri punggung

Saat sedang mengandung, setiap moms pasti akan mengalami sakit punggung. Hal ini terjadi karena pusat gravitasi tubuh moms bergeser akibat berat yang berlebihan ada berada diposisi depan.

Namun yang perlu moms waspadai adalah jika nyeri punggung yang dialami berangsur sangat lama dan menyebabkan rasa sakit yang berlebihan, bisa saja hal tersebut menandakan adanya masalah pada ginjal atau kandung kemih.

Enggak ada detak jantung

Kondisi yang satu ini merupakan kondisi yang sangat berbahaya jika dialami oleh para moms saat masa kehamilan, walaupun pada umumnya detak jantung bayi pada kandungan baru bisa moms rasakan di usia kehamilan 10 minggu. Namun jika suatu ketika moms merasa nggak bisa merasakan detak  jantung yang berdetak di dalam perut, moms perlu memeriksakan kandungan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. 

Jika para Moms mengalami kelima tanda tersebut, ada baiknya jika segera konsultasikan ke dokter ya.

Semoga bermanfaat!