Menu

Waspada, Diabetes Banyak Menyerang Usia Muda, Begini Cara Mengetasinya Beauty!

11 Juli 2022 19:07 WIB

Diabetes. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Diabetes masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Bahkan penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk mereka yang masih berusia muda. Kondisi ini tentu tak bisa diremehkan karena bisa menyebabkan kematian, Beauty.

Lantas, bagaimana cara mencegah diabetes di usia muda? Berikut telah HerStory rangkum cara mencegah diabetes di usia muda dari berbagai sumber. Simak yuk!

1. Menurunkan berat badan

Beauty, menurunkan berat badan bisa mengurangi risiko diabetes lho. Menlansir dari The American Diabetes Association, Senin (11/7/2022) orang dengan prediabetes yang kehilangan berat badan 7-10 persen dapat mencegah risiko diabetes lebih besar.

Nah, jika Beauty memiliki berat badan berlebih, segera diet da olahraga agar berat badan bisa tuurun ya!

2. Aktif bergerak

Berikutnya untuk mencegah diabetes yakni Beauty harus aktif bergerak. Pasalnya, pola hidup yang buruk, seperti malas gerak alias mager akan meningkatkan risiko diabetes. Setidaknya luangkan waktu beberap menit untuk melakukan aktivitas ringan, seperti jalana kaki, berenang, atau bersepeda.

3. Konsumsi makanan nabati

Sudah bukan rahasia lagi jika tumbuhan menyediakan vitamin, mineral, dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Nah, mulai sekarang, Beauty wajib konsumsi bua dan sayur untuk menjaga kesehatan jantung ya. Beauty bisa memilih sayuran hijau, sepperti brokoli, kembang kol, buncis, dan lain-lain.

4. Konsumsi lemak sehat

Selain konsumsi buah dan sayur, Beauty juga perlu mengonsumsi lemak sehat. Nutrisi ini bisa Beauty dapatkan dari ikan salmon, mackarel, tuna, dan sarden. Selain itu, Beauty bisa minyak zaitun saat memasak.

5. Lakukan diet sehat

Beauty, diet yang sehat dapat mencegah penyakit diabetes. Sayangnya, tak semua orang bisa konsisten menjalankan diet. Agar diet yang Beauty lakukan berhasil, Beauty wajib punya strategi khsusus. 

Salah satu strategi tersebut yakni memakan seporsi makanan yang dibagi menjadi tiga bagian dalam satu piring. Maksutnya, seperempat buah dan sayur tanpa tepung, seperempat biji-bijian, seperempat makanan kayak akan protein (seperti kacang, ikan atau daging tanpa lemak).