Menu

Ternyata Tipe Kecerdasan Anak Ada Berbagai Macam, Lho! Si Kecil Masuk yang Mana, Moms?

18 Desember 2020 10:45 WIB

Ilustrasi anak sedang berkreasi. (Unsplash/Dragos Contariu)

HerStory, Tangerang —

Seperti yang sudah kita ketahui, setiap orang pasti memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda-beda. Sama halnya dengan anak-anak yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda pula. Ada yang lebih suka menggambar, berolahraga, ataupun bernyanyi. Untuk dapat mengasah keterampilan dan kemampuan anak, Moms perlu tau apa aja tipe-tipe kecerdasan yang dimiliki oleh anak. 

Melansir dari The Asian Parents, berikut, 8 tipe kecerdasan yang dimiliki oleh anak untuk membantu Moms mengetahui si kecil memiliki kecerdasan yang mana. Yuk, dibaca artikelnya!

1.Pintar dalam berkata-kata

Biasanya si kecil akan lancar dalam berkomunikasi dengan orang lain dan membaca. Jika si kecil sangat suka berbicara, membaca atau selalu mencoba kosakata baru, maka ia memiliki kecerdasan linguistik dan verbal.

2.Berbakat dengan gambar

Kecerdasan in disebut kecerdasan spasial dimana anak memiliki kemampuan yang baik mengenai gambar. Biasanya anak cenderung menyukai gambar dan memiliki daya ingat yang bagus dalam menghafal lokasi tempat. Anak yang memiliki kecerdasan ini juga cenderung suka melihat buku gambar dan foto.

3. Pintar dalam bidang musik dan nada

Jika si kecil suka mendengarkan musik dan bernyanyi, kemungkinan si kecil memiliki kecerdasan musikal. Biasanya anak yang memiliki kecerdasan ini sangat suka dengan musik. Bahkan ia bisa membuat suara dengan menggunakan benda-benda di sekitarnya.

4. Introspektif

Anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal ini biasanya sangat mengetahui perasaannya sendiri. Si kecil dapat menunjukkan perasaannya saat sedang marah, sedih, senang dan lain sebagainya. Orang tua juga ikut terbantu dengan kecerdasan yang dimiliki oleh si kecil ini karena terkadang sulit untuk orang tua memahami apa yang dirasakan oleh anak.

5. Berpikir logis dan pintar matematika

Jika si kecil menyukai angka dan berpikir logis, bisa jadi si kecil memiliki kecerdasan logis. Kecerdasan ini membantu anak untuk berpikit secara kritis untuk dapat memecahkan masalah. Biasanya, si kecil yang memiliki kecerdasan ini sangat pintar dalam bidang matematika bahkan dapat menjadi insinyur hingga ahli matematika, lho!

6. Suka berolahraga

Anak yang memiliki kecerdasan tubuh dan gerakan ini biasanya sangat aktif secara fisik. Si kecil akan suka berlari, melompat, dan memiliki energi yang banyak karena sangat aktif. Anak dengan kecerdasan ini lebih atletis dan biasanya lebih tertinggal dalam hal perkembangan mental dibandingkan teman-temannya. Namun, mereka juga lebih unggul dalam kekuatan, keseimbangan, dan aktif bergerak.

7.Pintar berkomunikasi

Anak dengan kecerdasan interpersonal ini sangat cepat berteman karena mahir berbicara dengan orang lain.Si kecil dengan kecerdasan ini akan tumbuh menjadi pribadi yang menarik, pembicara yangg baik, ramag, dan terbuka.

8. Suka dengan alam dan binatang

Kecerdasan naturalis ini bisa dilihat jika anak menyukai binatang dan senang terhadap hal-hal yang berbau alam. Anak denga kecerdasan ini sangat mencintai alam bebas dan suka berpetualang.

Moms, sudah menemukan kecerdasan mana yang cocok dengan si kecil?