Menu

Moms Simak! Anak Susah Makan Sayur? Jangan Khawatir! 8 Tips Ini Bakal Bikin Si Kecil Lahap! Nomer 2 Seru Banget!

12 Juli 2022 12:45 WIB

Ilustrasi anak sedang makan sayuran. (Freepik/pvproductions)

HerStory, Jakarta —

bagi anak, mengkonsumsi sayuran adalah hal yang sangat tak disukai bahkan beberapa orangtua sampai kewalahan membujuk anak untuk mengkonsumsi sayuran. Bagi mereka, sayur adalah makanan yang gak enak karena hambar dan pahit, betul gak Moms?

Sebenarnya hal itu wajar-wajar saja, mengingat sayuran tak memiliki kandungan lemak serta gula yang tinggi, di mana lemak berperan dalam memberikan rasa gurih dan lezat, sedangkan gula akan memberikan rasa manis yang merupakan jenis rasa yang paling disukai oleh anak.

Akan tetapi, rendahnya kandungan lemak serta gula itulah yang membuat sayuran menjadi makanan yang paling menyehatkan. Nah, bagaimana tips agar anak mau makan sayur?

Mengutip dari laman WebMD, inilah 8 tips agar anak mau makan sayur.

1. Atur Porsi Sayur dalam Piring

Karena sayuran dinilai memiliki rasa yang kurang menyenangkan bagi anak, ada baiknya menggabungkan buah-buahan yang manis dengan sayuran dalam 1 piring saji seperti membuat salad, dengan begitu anak tak hanya merasakan hambar pada sayurannya. 

2. Ajak Anak untuk Ikut Memasak

Biarkan dia ikut memilih jenis sayuran apa yang dia suka. Ajak pula dia untuk ikut mengupas, memotong, hingga menyajikan sayuran tersebut ke dalam piring saji.

3. Tambahkan Toping Sayuran pada Makanan 

Cara ini dapat membantu agar anak tak bosan hanya makan sayuran saja. Kamu dapat menambahkan toping sayuran pada makanan seperti mi ayam, nasi goreng, pizza, dan jenis makanan lainnya.

4. Kreasikan Sayuran Menjadi Bentuk yang Menarik

Kamu juga bisa mengubah bentuk sayuran menjadi menarik agar anak menjadi lebih tertarik untuk mencobanya. Misalnya membuat sayuran menjadi seperti bentuk aneka hewan di atas nasi, atau bisa juga dengan memotong sayuran menggunakan cetakan khusus yang akan mengubah bentuk sayuran utuh tersebut menjadi lebih menarik.

5. Jangan Memarahi Anak 

Meskipun anak selalu bersikeras untuk tak mau makan sayur, bukan berarti kamu harus memarahinya. Berikan pengertian kepada anak bahwa sayuran tersebut akan bermanfaat bagi kesehatannya, dan tetap selalu menyajikan sayuran setiap kali waktu makan. 

6. Ajak Beberapa Temannya untuk Ikut Makan Bersama Dirumah

Terkadang, anak akan lebih tertarik makan jika bersama teman - temannya, di momen itulah kamu dapat memberikan sajian sayuran dan ajak teman nya untuk makan sayuran tersebut. Hal ini akan mendorong anak kamu untuk turut ikut makan sayuran tersebut.

7. Berikan Contoh yang Baik

Sebelum menyuruh anak kamu untuk makan sayur, maka kamu juga harus memberikan contoh terlebih dahulu, dengan begitu anak kamu akan lebih tertarik untuk mencicipi sayurannya.

8. Kreasikan Sayuran Menjadi Jus

Beberapa jenis sayuran seperti wortel, sawi, brokoli, atau bayam dapat kamu kreasikan menjadi jus dengan tambahan buah yang manis. Selain itu kamu juga dapat menambahkan madu sebagai tambahan pemanis nya. 

Itulah 8 cara agar anak mau makan sayur, semoga bermanfaat.