Menu

Catat! Begini 5 Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

10 Januari 2021 09:15 WIB

ilustrasi kelapa (Unsplash/Mohai Coman)

HerStory, Jakarta —

Saat sedang mengandung sang buah hati, para moms tentu saja sangat memperhatikan berbagai asupan makanan serta minuman yang akan dikonsumsinya. Dari sekian banyak makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk ibu hamil, salah satunya yaitu air kelapa

Air kelapa menjadi salah satu minuman yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil, dikarenakan secara ilmiah air kelapa terkenal akan kandungan elektrolit alaminya. Sementara itu, menurut mitos yang berkembang mengatakan bahwa air kelapa berkhasiat untuk ibu hamil agar janin yang dikandungnya  tersebut memiliki kulit yang bersih. 

Nggak hanya itu saja, air kelapa ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya lho bagi ibu hamil. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat air kelapa bagi ibu hamil.

Membuang racun pada tubuh

Kandungan potassium dan magnesium yang terdapat pada air kelapa membuat ibu hamil menjadi sering buang air kecil. Hal tersebut wajar terjadi, dikarenakan potassium dan magnesium bersifat diuretik atau mendorong terjadinya buang air kecil. Proses  pembuangan urin ini merupakan cara alami untuk membuang racun pada tubuh dan membersihkan saluran kemih, termasuk untuk mencegah terjadinya batu ginjal. 

Mencegah konstipasi

Saat sedang mengandung perubahan hormonal seringkali terjadi, nyatanya hal tersebut dapat menyebabkan adanya konstipasi. Namun nggak perlu khawatir, kandungan magnesium pada air kelapa mampu membuat otot organ-organ pencernaan ibu hamil menjadi lebih rileks, hal tersebut dapat mendorong feses melewati usus secara lancar. 

Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Air kelapa dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi para ibu hamil, mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan kandungan potasium,kalsium, dan klorida yang tinggi pada air kelapa bermanfaat untuk menyegarkan, menguatkan dan menyehatkan tubuh. Kadar gula yang terkandung dalam air kelapa pun terbukti sangat rendah. 

Dapat mengatasi heartburn

Penyebab utama terjadinya heartburn pada ibu hamil yaitu dikarenakan rileksnya cincin otot yang terdapat di kerongkongan akibatnya adanya hormon progesteron. Namun nggak perlu khawatir, hal tersebut dapat diatasi dengan minum air kelapa. Kandungan potasium di dalam air kelapa berfungsi sebagai elektrolit yang dapat mengembalikan keseimbangan kadar pH atau keasaman di dalam tubuh yang penting untuk mengendalikan naiknya asam lambung.

Mempercepat pertumbuhan janin

Selain dapat memberikan berbagai nutrisi bagi ibu hamil, air kelapa ternyata dapat mempercepat pertumbuhan pada janin lho. Hal tersebut dikarenakan air kelapa mampu mengurangi kadar gula dalam darah serta tekanan darah tinggi pada ibu hamil, dengan adanya hal tersebutlah pertumbuhan janin akan berkembang secara efisien. 

Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan