Menu

Kebiasaan yang Dilakukan Sebelum Tidur Ini, Menandakan Kehidupan Pernikahanmu Bahagia Lho! Apa saja?

18 September 2020 21:00 WIB

Pasangan lansia (Fox/ Katie Autry Photography)

HerStory, Bogor —

Taukah kamu slah satu permasalahan yang kerap terjadi dalam kehidupan pernikahan adalah masalah komunikasi. Karena berbagai kesibukan, waktumu untuk berbincang dengan suami jadi berkurang.

Waktu yang berkualitas hanya bisa diperoleh saat malam hari. Karenanya, kamu dan suami perlu memanfaatkan momen sebelum tidur ini untuk menjaga hubungan kalian agar semakin harmonis dan bahagia. Melansir dari womantalk.com, Jumat (18/9/2020) berikut kebiasaan yang dilakukan pasangan bahagia sebelum tidur.

1. Selalu mengucapkan “i love you”

Melansir dar Huffpost.com,  Ryan Howes, seorang psikolog mengatakan, “Terlepas dari semua kesibukan sepanjang hari, perasaan tak menyenangkan dari orang lain dan hal lainnya yang mengganggu, biasakan untuk ungkapkan rasa sayang kepada pasangan,” Jadi, jangan lupa untuk katakan cinta pada pasangan, baik sebelum tidur malam atau saat bangun pagi.

2. Tidur di waktu yang sama

Biasakan untuk memiliki waktu tidur yang sama. Sebelum tidur kamu bisa bergai cerita tentang kesibukan atau hal yang kamu alami seharian ini. Cara ini bisa membuat hubunganmu dan suami jadi lebih dekat dan intim. 

3. Singkirkan ponsel dan perangkat lainnya

Kari Carrol, seorang terapis untuk pasangan mengatakan, “Ciptakan aturan ‘tak ada telepon lewat pukul 9 malam’ atau ‘tak ada ponsel di tempat tidur.’” Tujuannya agar kamu dan suami bisa memanfaatkan waktu sebelum tidur untuk berduaan. Selain itu, cara ini juga bisa merangsang hormon dopamin atau hormon kebahagiaan dan menekan hormon oksitosin atau hormon yang membuat stres.

4. Lupakan pekerjaan

Ketika sudah berada di atas ranjang berdua, sebaiknya kamu lupakan soal pekerjaan. Hindari membicarakan masalah keuangan dan hal  lainnya yang membuatmu khawatir. Lebih baik bicarakan hal-hal yang menyenangkan.

5. Luangkan waktu untuk mengucapkan syukur

Kebiasaan saat kamu dan suami saling membicarakan hal-hal menyenangkan dan hal-hal yang membuat kalian bersyukur, bisa menciptakan efek positif. Dengan berbagi pengalaman positif, kamu bisa merasakan penghargaan yang luar biasa atas hidupmu.

6. Sisihkan waktu untuk mengobrol

Meski hanya 15-30 menit, biasakan untuk mengobrol santai dan membicarakan hal-hal yang kamu alami di hari tersebut dengan pasangan. Cara ini bisa menularkan semangat yang positif dan juga memberikan dukungan untuk melalui hari esok.

7. Memberikan pijatan lembut

Menurut ahli dari National Foundation of Sleep, pijatan ringan dan santai bisa meningkatkan kualitas tidur, mengurangi kecemasan, serta membuat pasangan jadi lebih dekat. Jadi, jangan lupa berikan pijatan penuh cinta pada suami, ya. 

8. Pelukan dan ciuman

Tak hanya mengatakan ‘i love you,’ kebiasaan lain yang dilakukan pasangan bahagia sebelum tidur adalah pelukan. Untuk itu, biasakan memberikan pelukan hangat kepada pasangan, serta ciuman yang manis sebagai ucapan selamat tidur.