Menu

Diambil dari Kisah Nyata, Ini 5 Fakta Incantation! Film Horror Terpopuler di Taiwan yang Sukses Bikin Jantung 'Copot'!

14 Juli 2022 16:25 WIB

Poster Incantation (Netflix/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Seperti yang diketahui, kini film Incantation tengah menjadi bahan pembicaraan publik karena genrenya yang horror dan menyeramkan. Pasalnya, film horor asal Taiwan ini berhasil menduduki peringkat pertama di Netflix sejak awal penayangannya.

Diarahkan oleh sutradara Kevin Ko, Incantation menceritakan seorang ibu yang berusaha melindungi anak perempuan dari kutukan yang diakibatkan oleh dirinya sendiri.

Penasaran seperti apa film tersebut? Berikut fakta-faktanya yang telah dihimpun dari berbagai sumber:

1. Terinspirasi dari Kisah Nyata

Incantation terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di Distrik Gushan, Kaohsiung pada tahun 2005. Sebuah insiden melibatkan sebuah keluarga yang mengklaim bahwa mereka dirasuki oleh berbagai dewa agama rakyat Tiongkok.

Enam anggota keluarga saling menuduh dirasuki oleh setan yang menyamar sebagai dewa. Mereka melakukan berbagai upaya untuk mengusir setan. Insiden ini menyebabkan putri tertua mereka meninggal.

2. Direkam dengan Gaya Mockumentary

Incantation direkam dengan gaya mockumentary, fiksi yang disajikan dalam format dokumenter. Banyak adegan yang diambil dari rekaman para pemain, jadi seolah-olah mereka berbicara pada penonton.

Gaya mockumentary memang cukup populer di kalangan film horor. Beberapa film horor terkenal yang menggunakan format ini adalah seri Paranormal Activity serta The Medium.

3. Banyak Unsur Agama Buddha

Incantation menceritakan Li Ronan (Tsai Hsuan Yen) yang melanggar tabu agama secara tak sengaja 6 tahun yang lalu, membuat orang-orang di sekitarnya meninggal secara tak wajar.

Film ini memasukkan banyak sekali unsur agama Buddha. Namun Kevin Ko menjelaskan bahwa Bunda-Buddha, gerakan tangan, nyanyian, simbol dan segala sesuatu yang berhubungan dengan agama dalam film semuanya fiktif.

4. Nominasi Penghargaan Film Taipei

Dirilis 18 Maret 2022, Incantation masuk dalam tujuh nominasi Penghargaan Film Taipei tahun ini. Nominasi yang diraih termasuk naratif terbaik, sutradara terbaik, dan aktris terbaik.

Incantation sebelumnya dipamerkan di pasar proyek Network of Asian Fantastic Films (NAFF) selama Festival Film Fantastis Internasional Bucheon 2019 sebelum memasuki produksi dan menjadi film horor Taiwan terlaris.

5. Film Horor Terlaris di Taiwan

Jika KKN di Desa Penari jadi film horor terlaris di Indonesia, Taiwan memiliki Incantation. Film ini meraup lebih dari USD 5,7 juta atau setara Rp85,5 miliar per Juni 2022 sejak ditayangkan pada Maret lalu.

Jadi film horor Taiwan terlaris sepanjang masa, Incantation menyusul kesuksesan film-film horor pendahulunya seperti The Rope Curse (2018), Detention (2019), dan terakhir The Bridge Curse (2020).

Incantation sudah tayang di Netflix dan trending nomor satu di kategori film dalam platform streaming tersebut. Kamu udah nonton, belum?

Artikel Pilihan