Menu

4 Hal yang Bisa Dilakukan Sebelum Tidur Biar Hubungan Makin Intim dengan Suami, Ibu Bekerja Harus Tahu Nih!

19 September 2020 19:30 WIB

Ilustrasi suami dan istri romantis (The Right Messages/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Dear ibu bekerja, tentunya kamu tahu betul bukan betapa pentingnya menjaga keintiman dengan suami, bukan? Keintiman enggak melulu dikaitkan dengan bercinta. Kamu bisa menjaga keintiman melalui hal-hal yang kerap dianggap sepele tapi menuai banyak pengaruh dalam hubunganmu. Di antaranya ialah menjauhkan gawai saat sudah di ranjang hingga memberi kabar baik satu sama lain, setelah seharian beraktivitas di luar.

Seperti yang dikutip dari laman Bustle, Sabtu (19/9/2020), sebuah studi yang dipersentasikan pada Society for Personality and Social Psychology Covention 2017 menyebutkan, pasangan yang saling berbagi kabar baik satu sama lain sebelum tidur membuat hubungannya semakin intim.

Enggak cuma itu, dalam studi yang sama juga menyebutkan kalau berkomunikasi secara pasif sebelum tidur juga akan meningkatkan kualitas tidur.

"Berbicara dengan pasangan setiap malam adalah bagian penting dari membangun keintiman, meningkatkan rasa aman, saling menghargai, dan merasa didengar oleh pasangan," kata psikologi Marni Amsellem, Ph.D.

Amsellem mengatakan, berkomunikasi setiap malam enggak harus mencakup dialog yang panjang. Berikut ini empat hal yang bisa kamu lakukan sebelum tidur untuk membuat hubungan dengan suami semakin intim.

Skin to Skin

Skin to skin alias kontak kulit dengan pasangan, menjadi salah satu membuat hubungan semakin intim. Isabella Frappier, pelatih kesehatan wanita dan pakar keintiman mengatakan, "kontak kulit ke kulit dengan pasangan meningkatkan kadar oksitosin, serotonin, dan dopamin, yang membantu menciptakan individ lebih bahagia dengan tingkat stres yang rendah".

Saat kamu bahagia, jauh lebih mudah untuk menjalin hubungan dengan pasangan. Intim secara fisik enggak selalu harus melakukan seks, kamu juga bisa melakukanhal lainnya. Seperti, mengelus pipinya, berciuman, atau bahkan berpelukan.

Saling menatap

Bu, sebelum kamu dan suami tidur, luangkan waktu sejenak untuk melakukan kontak mata satu sama lain. Dengan saling mentap, hal ini akan membantumu dan suami berbagi "energi" yang sama.

Ucapkan terima kasih

"Terima kasih ya sudah jemput aku","Terima kasih ya sudah menemani aku", "Terima kasih ya sudah menjadi suami terbaik", dan ucapan terima kasih lainnya bisa kamu katakan kepada suami sebelum tidur, Bu.

Meski kedengarannya sederhana, mengucapkan terima kasih kepada pasangan memberi dampak yang sangat besar. Suami akan merasa dihargai olehmu sebagai istrinya.

Pergi ke tempat tidur bersama

Waktu tidur sangat intim dan sangat penting bagi pasangan yang memiliki bahasa cinta fisik. Selain itu, berpelukan saat tidur adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kasih sayang setelah hari yang melelahkan.

Bu, setiap pasangan memiliki rutinas waktu tidur masing-masing, jadi pilihlah mana yang cocok untukmu. Selama kamu melakukan hal-hal yang membantu menjaga keintiman dengan suami, hubungan pernikahanmu juga harmonis. 

Semoga bermanfaat!