Menu

Moms, Belum Bisa Merasakan Gerakan Si Kecil pada Usia Kandungan 4 Bulan? Ternyata Ini Lho Penyebabnya!

21 September 2020 09:55 WIB

Ibu Hamil. (Unsplash/Ignacio Campo)

HerStory, Tangerang —

Kehamilan tentu saja menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi saat usia kandungan sudah memasuki 4 bulan atau 17-20 minggu di mana janin akan mulai bergerak. Biasanya Moms akan merasakan pergerakan janin ini dan mulai dapat melihat wajah si kecil.

Namun, masih ada beberapa orang yang di usia kehamilan ke 4 bulan belum dapat merasakan pergerakan janin di dalam perutnya, lho! Mungkin Moms masih bertanya-tanya kenapa dan apa penyebabnya. Oleh karena itu, HerStory merangkum apa penyebabnya pergerakan janin yang belum dapat dirasakan!

Umumnya setiap calon mama memiliki waktu yang berbeda-beda untuk merasakan pergerakan janin ini. Jika kehamilan ini menjadi kehamilan pertama, setidaknya janin baru bisa dirasakan pergerakannya saat kandungan berusia 5 bulan. Namun, untuk Moms yang sudah pernah mengadung sebelumnya, pergerakan janin ini biasanya dapat dirasakan lebih cepat yaitu saat kandungan berusia 4 bulan.

Hal itu dikarenakan saat kandungan berusia 4 bulan atau sekitar 17 minggu rahim berada pada pertengahan antara symphysis dan pusat, sedangkan pada usia 20 minggu tinggi rahim berada pada 3 jari di bawah pusat. Dengan berat yang masih kecil, janin dapat lebih mudah bergerak sehingga Moms dapat merasakannya. Akan tetapi, jika tidak merasakannya hal itu dikarenakan kepekaan setiap orang berbeda beda dan Moms yang memiliki tubuh lebih gemuk saat hamil akan lebih sulit untuk merasakan gerakan janin. Jadi, enggak perlu berpikir yang enggak-enggak ya, Moms! 

Jika tidak merasakan pergerakan si kecil Moms harus lebih memperhatikan nutrisi yang dimakan dan jangan melakukan aktivitas terlalu berat. Cobalah istirahat yang cukup dan posisi tidur yang miring menghadap ke kiri selama 2 jam karena dapat merangsang pergerakan janin.

Namun, jika janin sudah berusia 21 minggu dan Moms masih belum merasakan pergerakannya, disarankan untuk konsultasikan ke dokter kehamilan. Selain itu juga, jika terjadi pendarahan dan gatal-gatal harus segera konsultasi ke dokter kandungan ya Moms.

Lebih dianjurkan lagi untuk rutin pergi ke dokter kandungan setiap sebulan sekali agar kesehatan si kecil lebih terjamin. Semoga bermanfaat ya!