Menu

Kamu dan Mertua Suka Masak Bareng tapi Beda Pendapat? Berikut Tipsnya Supaya Gak Baper sama Mertua!

18 Desember 2020 11:55 WIB

Ilustrasi wanita memasak makanan (Unsplash/Jason Briscoe)

HerStory, Jakarta —

Beauty, untuk kamu yang sudah menikah dan tinggal bersama mertua mau nggak mau pasti harus melakukan setiap aktifitas dengan mertua di rumah, baik ikut turun tangan atau hanya sekedar memperhatikan gerak-gerik kamu saja.

Masak menjadi salah satu kegiatan yang penting di dalam rumah tangga, beberapa orang tua sangat menginginkan menantu wanitanya bisa masak masakkan yang enak untuk anak mereka seperti yang sering mereka lakukan sejak suami masih kecil.

Tapi, gimana ya kalau misalkan suami suka membandingkan masakkan kamu dan ibunya? Pasti bête banget, kan? Berikut ini cara supaya kamu enggak baper sama mertua kalau lagi masak dan hasil masakannya!

Jawab dengan “Iya”

Seorang ibu pasti memiliki kecemburan tersendiri di dalam hatinya ketika melihat sang anak lelaki sudah mampu mencintai wanita lain selain dirinya. Hal ini yang biasanya membuat mertua menjadi lebih protektif kepada menantu wanita karena mereka ingin menantunya bisa memberikan semua yang terbaik untuk anak mereka seperti yang sudah mereka lakukan kepada suami kita.

Mungkin ketika memasak, banyak gerak-gerik kamu yang akan dikomentari dan dianggap salah oleh mertua, namun usahakan untuk jangan cepat marah dan emosi ya, kamu cukup mendengarkan, menarik nafas dalam-dalam dan mengiyakan omongan mertua kamu.

Jangan Berprasangka Buruk

Mungkin kamu memiliki mertua yang jago sekali dalam hal memasak, namun enggak selalu dirinya berekspektasi bahwa menantunya juga harus memiliki keterampilan seperti yang dimiliki olehnya. Bisa jadi, mertua kamu sudah tahu kalau kamu memiliki kemampuan masak yang lebih baik darinya, dia akan lebih memahami bahwa setiap orang membutuhkan waktu yang panjang untuk menyamakan keterampilan dari mertuanya dalam memasak.

Bersikap Rendah Hati

Terakhir, kamu harus memiliki sikap rendah hati, karena sikap ini bisa membantu kamu terselamatkan dari masa-masa menegangkan ketika masak dengan diawasi oleh mertua sendiri. Selain itu, sikap rendah hati bisa membuat kamu lebih menerima semua kritik yang diberikan oleh mertua. Kemudian, kamu juga bisa belajar rendah hati menerima kenyataan jika mertua kamu memang lebih jago dalam hal memasak, akan lebih jika kamu meminta pertolongan dan juga saran darinya agar hubungan bisa lebih dekat dan akur.

Selamat mencoba, Beauty!