Menu

Ibu Bekerja Perlu Tahu, Ngantor Pakai Baju dengan Warna Tertentu Ada Maknanya Lho! Warna Merah Bisa Bikin Sukses, Katanya!!

22 September 2020 09:15 WIB

Style red for working moms (Fashion Gum/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Dear Ibu bekerja, sebagai seorang wanita karier dan kerap disibukkan dengankegiatan di kantor, sudah sepatutnya kalau kamu harus pintar menjaga penampilan. Menjaga penampilan enggak melulu memperhatikan riasan wajah agar terlihat memesona. Pemilihan warna pakaian yang disesuaikan pun, enggak kalah pentingnya lho, Bu.

Kenapa sih penting banget memilih warna pakaian? Mengenakan pakaian dengan warna yang terlihat matching, enggak cuma menunjang penampilanmu aja, Bu. Memilih warna pakaian juga bisa memengaruhi suasana hati lho

Warna yang dipilih juga bisa memengaruhi cara orang lain saat memandang kamu. Warna baju kerja tertentu juga memiliki makna di dalamnya. Bahkan, sebuah penelitian mengungkap baju kerja dengan warna tertentu bisa membuat seseorang jauh lebih sukses. Pakaian dengan warna merah, misalnya.

Enggak cuma merah, banyak pula baju ngantor lainnya dengan makna tertentu. Penasaran dengan warna baju ngantor beserta maknanya? Yuk simak terus ulasan berikut seperti dikutip dari laman Marie Claire, Selasa (22/9/2020).

Hitam

Elegan, menjadi satu kata yang menggambarkan seseorang saat mengenakan baju serba hitam. Peneliti Frank dan Gilovich menemukan kalau baju berwarna hitam lebih terkait dengan persepsi agresi dan tingkat kedisipilinan seseorang.

Begitu pun saat melakukan wawancara, pelamar yang mengenakan baju hitam enggak merasa rendah diri. Justru ia dianggap sebagi sosok powerfull dan kompeten dalam bidangnya, ketimbang pelamar yang menggunakan baju dengan warna lebih terang.

Pink atau Merah Muda

Warna ini selalu dikaitkan secara eksklusif dengan feminitas. Mengenakan baju berwarna merah muda alias pink akan membangkitkan kesan lemah lembut dalam diri. Meski banyak yang mengatakan kalau warna ini terlalu manis bila dipakai untuk bekerja, tetapi warna ini memiliki makna cukup mendalam lho, Bu!

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Veronika Koller mengungkapkan kalau warna pink justru identik dengan kemandirian. Wanita yang mandiri menjadi kunci kesuksesannya di masa yang akan datang.

Merah

Selanjutnya ialah si warna yang paling mencolok, Merah. Dalam psikologi warna, enggak ada warna lain yang mendapatkan perhatian sebanyak merah, terutama karena pengaruhnya terhadap seksual.

Meskipun ada beberapa pendapat yang meyakini untuk enggak menggunakan baju dengan warna merah saat bekerja, justru warna yang mencerminkan simbol keberanian ini bisa mengantarkanmu menuju kesuksesan.

Wanita saat mengenakan baju berwarna merah, sudah pasti menjadi pusat atensi dan percaya diri yang tinggi. Karena bukan enggak mungkin, kalau ia akan menjadi perhatian atasannya sendiri. Enggak menutup kemungkinan pula kalau ia akan mendapat gaji yang lebih besar atau mungkin naik jabatan karena mampu menjadi pusat perhatian atasan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Meier pada 2012 silam, orang yang menghadiri undangan interview pekerjaan dengan mengenakan baju berwarna merah, akan didahulukan alias diprioritaskan.

Biru

Terakhir ialah warna biru yang memberi kesan menenangkan. Warna biru kerap kali menggambarkan kepribadian seseorang yang lemah lembut. Sebuah studi lintas budaya juga mengatakan kalau biru merupakan sebuah warna yang dikaitkan dengan hal-hal yang baik.

Fraser dan Brank mengatakan kalau seseorang mengenakan baju berwarna biru saat bekerja akan membuatnya terlihat lebih berkompeten, cerdas, penuh dengan percaya diri dan sangat efisien.

Ibu bekerja yang hari ini kedapetan WFO, ada yang mengenakan baju dengan warna di atas?