Menu

Wadaw! Inilah 4 Hal yang Sering Dilupakan Soal Mengatur Keuangan Keluarga

22 September 2020 21:00 WIB

Ilustrasi orang sedang mengitung uang (Unpslash/Artem Beliakin)

HerStory, Jakarta —

Working Moms, meskipun kamu dan pasangan sama-sama bekerja, sama-sama punya penghasilan besar, namun Moms juga harus sama-sama memikirkan mengapa gaji Moms dan pasangan sering pas-pasan dengan pengeluaran keluarga.

Memang benar hal itu sering dialami oleh pasangan urban yang sama-sama bekerja dan berpenghasilan besar sekalipun.

Walaupun Moms mengalokasikan pendapatan untuk investasi dan merasa masih ada sisa yang cukup untuk membayar cicilan serta keperluan sehari-hari, kadang pengeluaran bisa memberatkan banget karena Moms melupakan hal-hal simpel ini.

Nah, inilah hal-hal yang sering dilupakan keluarga dalam mengatur keuangan yang berhasil Herstory rangkum buat Moms. Simak ya!

1. Enggak membuat perencanaan keuangan

Sekalipun Moms andal dalam membuat budgeting di kantor, tapi nggak jarang Moms lupa membuat budgeting yang benar untuk kebutuhan keluarga. Perhitungkan pengeluaran keluarga baik yang harian, mingguan, maupun bulanan dan tahunan, seperti liburan keluarga penting banget, lho.

Begitu pula pembayaran kewajiban rumah tangga, dari gaji ART, listrik dan cicilan. Sisakan juga seenggaknya  10% dari sisanya untuk ditabung.

2. Waktu belanja yang berantakan

Jangan belanja karena kulkas kosong! Belanjalah teratur, Moms. Misalnya tiap weekend, seminggu dua kali, dan seterusnya, tergantung kebutuhan. Ajarkan ART untuk membuat perencanaan isi kulkas juga penting, Moms.

Jadwal belanja ini juga bisa diterapkan Moms pada diri sendiri. Misalnya, hanya belanja fashion atau sale dua kali seminggu. Belanja spontan boleh saja, asal masih dalam bujet yang sudah dibuat ya, Moms.

3. Pandai memilih produk

Hal ini sama sekali bukan berarti Moms hanya membeli produk promo, lho. Belilah produk yang tepat untuk Moms dan keluarga, dan cermatlah memilih supaya nggak kedaluwarsa, atau supaya Moms nggak menimbun terlalu banyak kebutuhan. Beralih ke produk yang lokal yang ramah lingkungan juga menambah nilai dari belanja Moms.

4. Disiplin

Patuhi budgeting yang sudah Moms buat, terutama saat weekend atau diajak kolega makan siang di resto mewah. Jika Moms terbisa menghabiskan uang lebih banyak di weekend untuk makan di luar dan hiburan, ini penting banget. Disiplin bukan berarti jadi pelit terhadap diri sendiri, tapi menaati aturan yang sudah Moms buat sendiri.

Jadi, itulah 4 hal yang sering Moms lupakan, namun harus segera Moms perbaiki supaya kondisi keuangan keluarga bisa jadi lebih baik lagi. Jangan boros, ya!