Menu

Cocok untuk Pemula, Ini 4 Rekomendasi Makanan Diet yang Mudah Diterapkan! Cuss Coba, Auto Langsing Deh!

21 Juli 2022 12:45 WIB

Ilustrasi meniup makanan panas (KSL.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ketika beraktivitas, kalori sangatlah diperlukan oleh tubuh sebagai cadangan makanan yang berbentu lemak. Hal ini bisa membuat kamu sangat berenergi ketika bekerja dan tak terlihat lemas.

Nah, biasanya seseorang akan terlihat gemuk dikarenakan lemak yang tersimpan di bawah kulit sebagai cadangan makanan. Semakin banyaknya lemak yang menumpuk, maka akan semakin gemuk juga penampilan seseorang. Sehingga kadangkala membuatnya menjadi nampak kurang elok.

Apabila kamu merasa kegemukan dan memiliki niatan untuk menurunkan berat badan, maka hal pertama yang harus kamu dilakukan yaitu berolahraga. Tetapi, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, karena hal tersebut juga ikut menentukan berat badan seseorang.

Apabila kamu mengurangi makanan yang berkalori ataupun berlemak tinggi dengan makanan yang rendah kalori ataupun lemak, maka hal tersebut juga akan mempercepat penurunan berat badanmu. Merangkum dari Prosehat, SehatQ dan Honestdocs.id, berikut empat rekomendasi makanan yang rendah kalori:

1. Sayuran 

Sayuran sudah pasti termasuk salah satu jenis makanan yang bisa membuat kamu kurus. Mulai dari sayuran yang berdaun hijau sampai dengan kembang kol dan juga brokoli, kamu harus memasukkan sayur yang memiliki kandungan rendah kalori dan karbohidrat serta mengandung serat tinggi ke dalam daftar menu makanan sehat sebagai penurun berat badan yang wajib banget untuk kamu konsumsi.

Selain itu, mengonsumsi sayuran juga bisa membuat kamu menjadi lebih cepat kenyang sehingga bisa mengurangi jumlah atau asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, sayuran cocok untuk kamu jadikan santapan untuk menurunkan berat badan.

2. Kentang rebus

Mungkin ada sebagian orang yang menghindari kentang ketika mencoba untuk menurunkan berat badan, mereka menganggap kandungan karbohidrat yang ada di dalam kentang cukup tinggi, padahal hal ini taklah sepenuhnya benar. Mengapa? karena kentang memiliki kandungan vitamin, serat dan juga nutrisi penting lainnya. Kentang juga memiliki kandungan beberapa jenis pati yang sering disebut pati tahan cerna atau pati resisten (resistant starch).

Di dalam jenis pati ini terdapat kandungan setengah kalori dari pati biasa dan juga bekerja seperti serat yang larut dalam sistem pencernaan, sehingga termasuk ke dalam makanan rendah kalori walaupun akan tetap terasa mengenyangkan. Menariknya, justru ketika mendinginkan kentang setelah selesai dimasak justru dapat meningkatkan kandungan pati resistennya.

Di dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kentang rebus menduduki peringkat tertinggi. Oleh karena itu, jangan ragu apalagi menghindari kentang saat kamu sedang menjalani diet. Namun kamu juga harus ingat, kentang yang rebus bukan kentang goreng.

3. Buah-buahan

Wajib banget rasanya untuk memasukkan buah-buahan sebagai salah satu menu dalam program diet kamu. Karena buah-buahan menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan lemak yang rendah, tetapi tetap dapat mengenyangkan saat dikonsumsi. Selain itu, buah-buahan kaya akan kandungan nutrisi serta vitamin yang tentunya sangat baik untuk kesehatan.

Kamu dapat mengonsumsi melon atau apel yang memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Kamu juga bisa mengganti berbagai camilan yang berkalori tinggi dengan buah-buahan yang segar. Jelas ini lebih sehat dan juga mendukung program diet yang sedang kamu jalani.

4. Ikan 

Ikan mempunyai kadar protein yang cukup tinggi tetapi tetap memiliki kandungan lemak yang rendah. Sehingga kamu tak usah khawatir apabila jumlah lemak yang ada dalam tubuh meningkat ketika mengonsumsi daging ikan.

Sebab di dalam satu porsi lauk (25 gram), mengandung seenggaknya 2 gr lemak, 7 gr protein dan juga 50 kalori. Tak hanya mendukung program diet yang sedang kamu jalani, kandungan omega-3 yang terkandung di dalam ikan sangat baik untuk kesehatan jantung.

Nah, itulah empat rekomendasi makanan sehat rendah lemak dan kalori dan pastinya cocok untuk kamu yang sedang diet. Semoga bermanfaat!