Menu

Istri Idaman Wajib Simak! Begini 4 Cara Sikapi Kekurangan Suami, Gak Ada Manusia yang Sempurna Moms!

21 Juli 2022 14:25 WIB

Pasangan berpelukan. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ketika memutuskan untuk berkomitmen dan menikah, paangan adalah segalanya bagi kita yang akan menemani kehidupan kita sampai akhir hayat nanti. Tentu saja dalam kehidupan yang akan terjalin ini pasti ada saja hal yang tak kita sukai dari dirinya.

Maka dari itu, dalam pernikahan ada yang bisa berlangsung selama puluhan tahun karena bisa saling menerima namun ada pula yang hanya berlangsung seumur jagung.

Tak ada manusia yang sempurna. Seberapa lamapun kamu kenal dengan suamimu, tak menjamin apakah kamu benar-benar memahami kekurangannya atau enggak. Namun, ketika kekurangan itu kamu sadari, bagaimana cara menyikapi kekurangan suami?

1. Sadar diri 

Yang pertama, kamu harus sadar diri bahwa tak ada manusia yang sempurna. Begitupun kamu dengan suami. Meskipun kamu telah menyadari kekurangan suami, bukankah suamimu juga telah melihat kekuranganmu? 

Saling menuntut itu bukan hal yang baik. Kamu harus menurunkan egomu dan menyadari bahwa kamu tak lagi hidup sendiri. Ada seorang suami yang keberadaannya harus kamu patuhi dan hargai. 

2. Terima 

Kamu juga harus menerima kekurangannya suami. Bukankah kalau kamu sudah memutuskan untuk menikah dengannya, itu artinya kamu menerima kelebihan dan kekurangannya?

Mau dengan siapapun kamu berpasangan, manusia adalah tempatnya kekurangan. Jangan berpikir bahwa kamu akan mencari orang lain yang sempurna, karena kesempurnaan bagi manusia itu tak ada. 

Menerima kekurangan suami artinya kamu harus ikhlas dalam menerimanya. Jangan sampai kamu menjadikannya persoalan di lain hari atau mengungkitnya lagi. 

3. Bantu 

Meskipun kamu membuat keputusan untuk menerima kekurangan suami, namun kamu tetap memiliki hak untuk membantunya menjadi manusia yang lebih baik. Paling tak untuk memperbaiki kekurangannya itu. 

Membantu suami harus dilandasi dengan pemikiran yang dewasa. Kalau hal tersebut tak diterima dengan baik, maka kamu membutuhkan waktu dan cara yang lebih pelan untuk merayunya. 

Tak mustahil untuk membantu manusia menjadi lebih baik, lho. Namun kamu harus sabar dan jangan terkesan memaksakan. 

4. Mendukung 

Bukan mendukung kekurangannya, makin kamu harus berusaha untuk mendukung segala sesuatu yang menjadi kelebihan suami.

Ketika kamu memahami sisi buruk suami dan bisa menerimanya, maka langkah selanjutnya adalah kamu harus memahami kelebihannya dan mendukungnya untuk mengoptimalkan kelebihan tersebut. 

Itu dia 4 cara menyikapi kekurangan suami. Yuk, sikapi dengan bijaksana, ya!