Menu

Ini Lho Perubahan Payudara saat Hamil, Jadi Lebih Sensitif dan Padat!

21 Juli 2022 16:20 WIB

ilustrasi wanita menderita miom saat hamil (Freepik/yanalya)

HerStory, Bekasi —

Kehamilan memang dapat menyebabkan banyak perubahan pada tubuh wanita, termasuk payudara. Perubahan payudara saat hamil merupakan hal yang normal terjadi. 

Perubahan payudara saat hamil dipengaruhi oleh kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Kedua hormon ini berperan penting mempersiapkan payudara untuk proses menyusui. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perubahan payudara saat hamil.

Ukuran payudara bertambah

Peningkatkan hormon selama hamil memberi sinyal di kelenjar payudara untuk berkembang dan mempersiapkan produksi ASI. Pertambahan berat badan saat hamil juga memengaruhi perubahan payudara. Payudara saat hamil jadi lebih membesar serta terasa padat dan nyeri.

Puting payudara jadi sensitif

Kondisi hormon yang naik turun di payudara membuatnya jadi lebih sensitif untuk disentuh. Selain itu, jadi lebih mudah terangsang lewat sentuhan di payudara.

Mau tahu perubahan payudara lainnya? Simak halaman berikutnya, ya.

Bagian areola melebar dengan warna gelap

Meningkatknya hormon estrogen dan progesteron menyebabkan perubahan payudara saat hamil. Kedua hormon tersebut menyebabkan areola dan puting payudara tumbuh melebar dan membesar. Hormon kehamilan juga membuat areola dan puting terlihat lebih gelap.

Keluar cairan kental kekuningan

Pada trimester ketiga kehamilan, payudara ibu hamil umumnya akan mengeluarkan cairan kental kekuningan yang disebut kolostrum.

Artikel Pilihan