Menu

Banyak yang Masih Bingung! Sunscreen dan Sunblock Ternyata Beda, Mana Sih yang Lebih Ampuh?

22 Juli 2022 09:45 WIB

Penggunaan sunscreen. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Meski terdengar sama dan memiliki kandungan yang sama pula, sunscreen dan sunblock rupanya adalah dua hal yang berbeda. Yang membedakan dari kedua produk perawatan kulit ini adalah kandungan di dalamnya, efektivitasm dan juga cara penggunaannya.

Lantas, apa perbedaan sunscreen dan sunblock? Manakah yang paling penting untuk digunakan?

Sunscreen vs Sunblock

Dilansir dari laman very well health, sunscreen adalah skincare perlindungan dari matahari yang paling umum digunakan. Formula di dalamnya berfungsi menyaring sinar ultraviolet (UV) matahari supaya tak langsung menyentuh kulit.

Fungsi sunscreen hanyalah menyaring sehingga masih memungkinkan sebagian kecil sunar UV menembus kulit. Sunscreen juga sering disebut sebagai chemical sunscreen.

Sementata itu, sunblock adalah skincare perlindungan sinar UV yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari supaya tak menembus kulit. Sunblock juga disebut physical sunscreen.

Formulasi Sunscreen dan Sunblock

Kebanyakan merek sunblock mengandung titanium oksida sebagai bahan aktif. Inilah mengapa sunblock akan terasa lebih tebal dan membuatnya lebih lama meresap ke kulit.

Ketika diaplikasikan ke kulit, sunblock akan jauh lebih terlihat dibandingkan sunscreen. Namun, jika kamu ingin menghindari hal tersebut, gunakanlah merek seperti Neutrogena yang menawarkan lapisan sunblock tak terlihat.

Sementara itu, pada sunscreen, hanya digunakan bahan kimia yang bekerja untuk menyerap sinar UV sebelum menembus kulit. Bahan kimia ini di antaranya oxybenzone dan avobenzone. Beberapa orang mungkin sensitif dengan kandungan PABA (para-aminobenzoic acid) yang banyak ditemukan pada sunscreen. Namun, sunscreen biasa dilengkapi dengan pewangi, minyak, hingga penolak serangga.

Sunscreen dan Sunblock, Mana yang Lebih Baik?

Dilansir dari laman health, Dr. Psomadakis menyarankan seseorang dengan kulit sensitif sebaiknya menggunakan sunblock karena beberapa bahan pembuat sunscreen dapat memicu iritasi atau alergi. Namun, pada dasarnya tak ada anjuran untuk memilih salah satunya selain menyesuaikan dengan jenis kulit kamu. Selain itu, pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30, tahan air, dan ringan di kulit.

Demikian informasi mengenai perbedaan sunscreen dan sunblock. Pastikan untuk memilih mana yang paling cocok dengan kulit kamu supaya dapat terhindar dari sinar matahari dan tak membahayakan.

Artikel Pilihan