Menu

Gak Cuma Fokus pada Kesehatan Fisik tapi Juga Mental, Ini Sederet Layanan Unggulan Klinik Utama Kamirawat, Beda dari yang Lain!

23 Juli 2022 17:17 WIB

Acara peluncuran Klinik Utama Kamirawat, di Ballroom Grand Hyatt, Jakarta, Jumat (22/7/2022). (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kualitas hidup yang baik adalah yang terkoneksi dengan kesehatan fisik dan juga kesehatan emosional. Ya, semua manusia mendambakan sisi kehidupan terbaik setiap harinya, meskipun secara sadar manusia memiliki keterbatasan, diantaranya keterbatasan untuk menjaga kondisi kesehatan fisik dan juga kondisi kesehatan mental yang dialami berupa rasa sedih ataupun cemas.

Menjawab kebutuhan tersebut, Kamirawat, yang merupakan sebuah klinik utama yang menghadirkan pelayanan yang didasari atas kepedulian terhadap permasalahan kesehatan, gaya hidup serta pandangan dan kualitas hidup yang dapat diubah untuk mendapatkan kesehatan dan kebahagiaan hidup pasien.

Menurut dr. Putri Nurhayati, selaku COO Klinik Utama Kamirawat, sebagian besar masyarakat Indonesia menjalani pola hidup dan kebiasaan yang tanpa sadar mengesampingkan kesehatan fisik dan mental. Karenanya, pihaknya pun tergugah untuk menghadirkan solusi dalam meningkatkan kualitas hidup serta kesadaran akan pentingnya kesehatan melalui pelayanan dengan tenaga medis profesional lewat Kamirawat.

“Kami menyadari bahwa masyarakt membutuhkan infomasi dengan pelayanan kesehatan yang professional dan tersertifikasi. Untuk itulah Kamirawat hadir untuk memberikan solusi, bagi pasein yang kesulitan pelayanan konvensional. Dalam peluncuran ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih sehat, karena Kamirawat menyuguhkan pelayanansecara maksimal dan dapat dilakukan secara online (home care) dan offline,” ujar dr. Putri Nurhayati pada acara soft launching Klinik Utama Kamirawat, di Ballroom Grand Hyatt Hotel, di Kawasan Thamrin, Jakarta, Jumat (22/7/2022).

dr. Putri memaparkan, selain pelayanan yang dapat dilakukan secara online dan offline, pasien juga tidak perlu khawatir karena semua medical personnel memiliki SIP (Surat Izin Praktik) yang terdaftar di Klinik Utama Kamirawat.

Terkait pelayanan, kata dr. Putri, Klinik Kamirawat menghadirkan pelayanan menyeluruh untuk kebutuhan Kesehatan pasien mulai dari Layanan Dokter Spesialis, Dokter Umum, Psikiater, Psikolog, Layanan Pasien Diabetes, Home Visit (Kunjungan dokter umum dan atau perawat), Home Care (Perawatan Geriatri dan Perawatan Ibu & Bayi), Home Covid, Vanilla Care (Vagina Laboratory), Fancy Care (Face and Body) & CALM (Counselling & Living Mind Center) Clinic, ditangani dengan baik dan serius oleh para ahli yang memang telah mendapatkan sertifikasi.

“Kami berharap pasien dapat menemukan hal baru dari diri mereka, menemukan kebiasaan baru dan kebahagiaan dalam meningkatkan kualitas hidup terbaik. Keseimbangan antara body, mind and soul yang dapat membawa pada kualitas hidup yang lebih baik dan kebahagiaan diri pasien,” tutur dr. Putri Nurhayati.

Di kesempatan yang sama, dr. Sri Rahayu Darwisa, M.Kes, selaku CEO Klinik Utama Kamirawat, menambahkan, sebagai klinik kesehatan dengan berbagai produk dan layanan komprehensif dilengkapi dengan tim medis berpengalaman dan telah bersertifikasi yang hadir untuk meningkatkan kualitas hidup terbaik.

“Selain perawatan pada kesehatan fisik, Klinik Utama Kamirawat juga peduli pada kesehatan mental masyarakat Indonesia. Terlebih, kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia yang berubah saat mempersiapkan masuk ke era endemi saat ini. Masyarakat mengalami tekanan luar biasa ketika pandemi lalu, kini memasuki era kenormalan baru tentunya harus segera beradaptasi dan penyesuaian kembali dengan segala perubahan sendi-sendi kehidupan,” tutur dr. Sri.

dr. Sri juga menuturkan, saat ini mental illness menjadi hal nyata harus dihadapi dan diobati untuk memulihkan kembali kualitas hidup manusia. Dan memasuki era kenormalan baru, perubahan kehidupan tak hanya terjadi dalam bermasyarakat, namun dari lingkup yang paling kecil yaitu dalam kehidupan rumah tangga.

“Nah, kehidupan rumah tangga ini tak akan lepas kaitannya dengan kehidupan seksualitas. Dan dari survey Asia Pacific Sexual Health and Overall Wellness atau APSHOW tahun 2008, ditemukan kenyataan bahwa 57 persen pria dan 64 persen wanita tak puas dengan kehidupan seks mereka. Hal inilah juga yang mendasari Kamirawat untuk menyuguhkan pelayanan, perawatan dan konsultasi untuk menjaga keharmonisan, membangun komunikasi yang baik, serta edukasi tentang seksual dalam rumah tangga,” papar dr. Sri.

Terkait ‘masalah seksualitas’ itu, Klinik Utama Kamirawat menghadirkan dr. Herdiman B. Purba, SpKFR (K) yang merupakan spesialis Kedokteran Fisik Rehabilitasi dan Rehabitasi Seksual.

Dikatakan dr. Herdiman, di Indonesia sebagian masyarakat masih salah dalam menyikapi masalah seksual. Banyak pasangan suami istri yang tak terbuka soal hal ini. Masalah seks juga masih dianggap tabu dan malu untuk diungkapkan. Padahal, kata dia, WHO sendiri menyatakan bahwa salah satu kunci kualitas hidup yang baik adalah kualitas kehidupan seksual yang sehat.

“Bisa kita bayangkan kalau aktivitas seksual tidak berimbang, dalam konteks ada yang melayani dan dilayani, tentu ini akan jadi masalah. Oleh karenanya, di Kamirawat kita berikan fasilitas untuk para pasien/penderita agar bisa berkonsultasi secara private. Kami menyediakan berbagai jenis pelayanan, terkait disfungsi seksual, untuk pria dan wanita, untuk membantu menjaga kehormonisan rumah tangga tentunya,” beber dr. Herdiman.

Gak cuma itu, Kamirawat juga menghadirkan Alva Paramitha, merupakan psikolog klinis yang berpraktek di Klinik Utama Kamirawat, yang menggabungkan dua disiplin ilmu yaitu psikologi dan astrologi sebagai alteratif alat penyembuhan yang dipakai dalam sesi konseling.

Dalam metodenya, Alva menganalisis kepribadian pasien melalui birth chart. Alva jugamelakukan pendekatan holistik, mengenali diri dengan teori Astrologi melalui Healing treatment dengan Bach Flower Remedies yang merupakan pelayanan perawatan untuk membantu mengembalikan kondisi mental seperti depresi, kecemasan, panic attack dan lain sebagainya dengan sistem penyembuhan emosi melalui energi bunga.

“Metode ini dapat mempermudah pemahaman pada kondisi emosi pasien. Bach Flowers Remedy adalah sebuah sistem penyembuhan yang terdiri dari 38 jenis bunga yang berfungsi untuk menyeimbangkan emosi,” tutur Alva.

Selanjutnya, Public Figure, Tasya Kamila, pun tak ketinggalan menceritakan perjuangannya dalam mendapatkan kebahagiaan untuk dirinya sendiri saat orang-orang terdekatnya mengalami berbagai masalah baik fisik maupun mental.

"Aku dikelilingi orang-orang yang punya mental problem. Saudara terdekatku ada yang bipolar, sementara saudaraku yang lainnya ada yang emotionally unstable," tutur Tasya.

Tasya mengungkapkan saudara-saudaranya tersebut kerap menjadikannya sebagai tempat berekspresi. Karenanya, Tasya mengatakan, sebisa mungkin untuk tidak stres dan tetap bisa mencari solusi terbaik.

Tasya pun lantas mengajak masyarakat untuk tak ragu mencari bantuan dari orang-orang terdekat maupun profesional saat merasa tak baik-baik saja, meskipun hanya sekadar curhat. Selain itu, kata dia, penting juga untuk selalu melihat sisi positif dan menemukan kebahagiaan dari hal sesederhana apapun.

"Kita juga harus punya rasa syukur walaupun sedang terjadi sesuatu dalam hidup, tapi ternyata masih bisa melakukan hal lain. Itu sih yang kira-kira menguatkan," papar Tasya.