Menu

Konon Katanya, Jika Sedang Menstruasi Wanita Dilarang Keramas! Mitos atau Fakta? Ini Jawabannya!

27 Juli 2022 09:45 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang keramas (All Things Hair/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hingga kini, masih banyak yang percaya akan adanya mitos-mitos soal menstruasi yang beredar. Hal yang paling sering terdengar di telinga masyarakat adalah tentang tak boleh mencuci rambut atau keramas ketika menstruasi.

Tapi bagaimana faktanya? Dikutip dari Healthshots, Dr Tanaya Narendra, yang terkenal dengan akun Instagram-nya Dr Cuterus, membagikan sebuah video.

Jangan, jangan dengarkan sama sekali mitos ini ya Beauty! Kamu dapat sangat sering mencuci rambut kamu pada periode, sebanyak yang kamu suka, dengan cara apa pun yang kamu suka.

Dia berkata, “Kesalahpahaman umum yang dikutip orang adalah bahwa jika Anda mencuci rambut pada menstruasi Anda, kepala Anda akan menyerap semua air dan itu akan mengirimkan energi dingin ke dalam rahim Anda dan kemudian rahim Anda akan tidak bisa melahirkan anak di masa depan.”

Selain itu, beberapa perempuan berpikir bahwa mencuci rambut mereka selama periode mereka akan mengakibatkan rambut rontok. Namun, itu juga mitos.

Dan itu sama sekali tak benar karena tak ada bukti ilmiah untuk menahan diri dari mandi, mandi, atau mencuci rambut ketika kamu akan melalui siklus menstruasi kamu. Faktanya, mandi air hangat membantu meredakan kram dan membuat kamu merasa lebih baik.

Dr Narendra menjelaskan, “Kulit di kepala dan kulit di seluruh tubuh Anda sebenarnya tahan air. Jadi itu tidak akan menyerap air itu. Dan energi dingin itu tak bisa ditransmisikan ke rahimmu seperti itu.” Jadi ya, kamu tak perlu berkompromi dengan kebiasaan kebersihan pribadi kamu karena menstruasi!

Cara menstruasi dapat memengaruhi suasana hati dan kulit kamu, juga dapat berdampak buruk pada rambut kamu. Kadar hormon kamu banyak berubah selama siklus menstruasi.

Akibatnya, tubuh kamu dapat membuat lebih banyak testosteron, yang dapat meningkatkan pelepasan sebum dan menghasilkan rambut berminyak, berminyak, dan lengket. Selain itu, kamu mungkin juga memperhatikan bahwa kulit kepala kamu teriritasi atau sensitif dan rambut kamu menipis atau rontok.

Tapi ini semua karena fluktuasi hormon, bukan karena kamu mencuci rambut selama menstruasi. Jadi, gak usah takut lagi ya Beauty!