Menu

Nyebelin Deh! Ini 5 Kesalahan yang Suka Banget Dilakukan Suami, Bisa Bikin Cekcok Rumah Tangga! Moms Jangan Lakukan Ya!

28 Juli 2022 10:45 WIB

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Freepik/cookie_studio)

HerStory, Jakarta —

Dalam menjalani hubungan rumah tangga, pasangan harus bisa saling mengerti satu sama lain dan menerima kekurangannya demi kehidupan rumah tangga yang harmonis dan bahagia.

Sayangnya, kehidupan itu tak selamanya indah. Biasanya akan ada cekcok yang menguji kekuatan rumah tangga baik dari kesalahan yang dilakukan suami ataupun istri. Nah tentu saja pada akhirnya, kesalahan seperti ini bisa berdampak buruk pada hubungan rumah tanggamu lho Moms..

Berikut ini adalah 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh suami.

1. Mengambil Keputusan Sepihak

Dalam masyarakat kita, umumnya pria atau suami menjadi kepala keluarga. Hal ini membuat suami bisa menentukan keputusan keluarga. Meski begitu, suami tak boleh mengambil keputusan sepihak atau seenaknya sendiri. Karena bagaimanapun juga, keputusan keluarga akan berdampak dan dirasakan oleh semua anggota keluarga seperti anak dan istri, maka mereka juga harus dilibatkan dalam mengambil keputusan tersebut.

2. Merasa Lebih Berkuasa

Banyak suami yang merasa lebih berkuasa dibanding istrinya. Padahal hubungan rumah tangga yang baik adalah hubungan dimana suami dan istri memiliki hubungan yang setara. Kesetaraan tersebut akan mempermudah suami dan istri itu sendiri. Selain itu, istri jadi lebih merasa dihargai. Benar gak Moms?

3. Tak Mendengar Pendapat Istri

Karena merasa berkuasa dan bisa mengambil keputusan sendiri, suami biasanya lupa untuk mendengar pendapat istri. Padahal biasanya pendapat istri sangat bermanfaat bagi keluarga. Karena biasanya seorang istri sangat paham kondisi rumah tangga serta instingnya sangat kuat.

4. Tak Menunjukkan Kasih Sayang

Seorang suami yang baik tentu menyayangi istri dan anaknya. Namun karena alasan tertentu, misalnya tak sempat atau gengsi, suami seringkali tak menunjukkan kasih sayang tersebut. Akibatnya, istri maupun anak menjadi kurang merasakan kasih sayang dari suami dan ayahnya.

5. Enggan Meminta Maaf

Seorang pria dan suami biasanya memiliki ego yang tinggi dalam menjaga harga dirinya. Akibatnya, seringkali ia enggan meminta maaf ketika berbuat salah. Hal ini dikarenakan anggapan bahwa jika ia meminta maaf maka wibawanya akan turun. Padahal tak ada salahnya jika seorang suami meminta maaf. Justru itu adalah tindakan yang baik.

Itulah 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh suami. Harus kita hindari ya Moms!