Menu

Almiranti Fira, CEO & Co-Founder Aeluna: Merangkul Ketidaksempurnaan dan Mendorong Kecantikan Autentik Wanita Lewat Brand Kecantikan

01 Agustus 2022 09:00 WIB

Almiranti Fira, CEO & Co-Founder Aeluna. (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, siapa yang tak mengenal Almiranti Fira? Almiranti Fira adalah merupakan seorang beauty influencer yang terkenal di Indonesia. Bermula dari hobi merias wajah sendiri, wanita yang karib disapa Fira kini menjelma menjadi pengusaha di bidang kecantikan. 

Bersama dengan kedua sahabatnya, yakni Nadya Aqilla sebagai CMO & Co-founder dan Ayu Deviani sebagai Managing Director & Co-founder, Fira pun merilis brand beauty bertajuk Aeluna.

Menurut Fira, yang menduduki posisi sebagai CEO & Co-Founder Aeluna, brand kecantikannya ini didirikan sejak tahun 2021. Yang menariknya nih Beauty, gak seperti brand beauty lainnya, Aeluna ini tak hanya menawarkan produk kecantikan yang membuat penggunanya tetap sehat dan percaya diri, lebih dari itu Aeluna  juga mengedepankan nilai-nilai pemberdayaan wanita.

Gak cuma itu, dalam peluncuran Aeluna yang bertajuk Glow The Outer You, Shine The Inner You, Aeluna juga menyampaikan aspek-aspek baru kecantikan wanita seperti diversity, caring, dan confidence, selain nilai kecantikan lain seperti elegant, integrity, dan passionate.

"Melalui nilai-nilai tersebut, kami ingin membawakan pesan positif serta mengajak para wanita untuk lebih percaya diri. Kami ingin merangkul ketidaksempurnaan dan mendorong kecantikan yang autentik dari setiap wanita," kata Fira, kepada HerStory, di Antasore Japanese Dining, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Fira pun lantas membeberkan kisah awal Aeluna ‘terbentuk’. Fira tak menampik bahwa ide bisnisnya tersebut ‘lahir’ karena latar belakang dirinya dan Nadya yang seorang beauty influencer. 

“Jadi emang aku sama Nadya udah ada di dunia beauty influencer itu sejak tahun 2015, jadi kita udah berteman udah 7 tahun ya. Nah tahun lalu saat pandemi kita mikir duh mau buat apa ya, biar ada kegiatan segala macem, dan pas banget karena memang Ayu udah jadi sahabat aku sejak kecil dia juga punya banyak ide dan inovasi yang ada di pikiran dia,” beber Fira.

“Jadi Ayu justru yang menggagas ‘kenapa gak kalian sih yang membuat gebrakan baru sebuah beauty brand yang mencerminkan kalian. Kalian kan memang berbda karakter, stylenya beda banget, dll’. Begitu kata Ayu dulu. Nah dari situ akhirnya sepakat untuk bisnis bareng. Jadi dari perbedaan karakter kita, itu jadi diversity kan, karena tujuan kita juga merangkul berbagai macam wanita,” lanjut Fira.

Fira lantas mengungkapkan pemahaman tentang kecantikan dalam kata Aeluna itu sendiri. Menurutnya, Aeluna sendiri diambil dari dua kata Aelia yang berarti matahari dan Luna yang berarti bulan. 

“Keduanya merepresentasikan kecantikannya masing-masing, sama seperti setiap wanita yang memiliki kecantikan mereka masing-masing dan tidak bisa disamaratakan,” ujar Fira.

Kemudian, Fira pun mengaku proses hingga hasil akhir produk tersebut selabelum diluncurkan memakan waktu selama lebih dari setahun. Gagasan itu mulai diwujudkan sejak Februari 2021.

“Jadi kalau momen launching-nya sendiri kita gak merencanakan ya, kita awal men-develop produk itu rencananya setahun aja, jangan lama-lama, gak mau terlalu banyak trial and error juga. Tapi ternyata setelah setahun berlalu kita merasa kayaknya produk kita belum sesuai yang kita inginkan. kita ingin produk kita berfungsi dan bermanfaat dengan baik, menyehatkan, memperindah, jadi kita mundur 1 ½ tahun dan memang momen yang tepat itu kita keluarin di bulan Juli ini,” beber Fira.

Nah Beauty, seperti kita tahu, dalam membangun bisnis, memilih rekan bisnis adalah salah satu aspek fundamental yang turut menjadi faktor penentu utama kesuksesan sebuah bisnis. Terkait hal itu, Fira pun tak menampik bahwa di awal-awal usahanya ia pun punya keraguan tersendiri tentang hal itu. Namun, Fira yakin bahwa jalan bisnisnya dengan kedua sahabatnya ini didasari ‘tujuan mulia’, dan tujuan itulah yang akhirnya jadi value utama mereka dalam membesarkan Aeluna.

“Jadi dari awal itu memang kita banyak keraguan soalnya banyak cerita ya soal berbisnis dengan teman itu nantinya begini begitu. Tapi kita dari awal udah mencetuskan bahwa kita ini bikin bisnis emang untuk kesenangan kita, maksudanya ini dunia kita, kita jangan bikin bisnis karena uang, kita emang bikin bisnis ini pengen support women. Kita pengen membuat temen-temen dan wanita lainnya lebih self love segala macem, jadi kita kesampingkan hal-hal yang berbau dunia bisnis ‘duniawi’, karena kita memang ingin lebih mau menekankan value utama kita, jadi jangan sampe hal itu membuat kita pecah,” tegas Fira.

Lebih lanjut, Fira pun memberikan tips bagi para wanita yang ingin memulai usaha mandiri. Menurutnya, jangan pernah takut bermimpi untuk sukses. Dan untuk menjadi sukses itu janganlah mudah putus asa dan jangan cepat puas.

“Aku sih yang penting mimpi aja setinggi-tingginya. Memang sih kadang-kadang kita takut bermimpi karena takut kecewa juga. Aku pun merasa begitu. Tapi kalau kita gak berani bermimpi ya kita akan mulai. Jadi mulai aja dulu, yang penting tahu apa yang mau dibuat, tahu dulu hal apa yang ingin disebarkan ke masyarakat, terus kalau modal kan bisa mengikuti ya. Yang penting produk dan valuenya kuat dulu, dengan begitu menurut aku bisnisnya InsyaAllah maju,” papar Fira.

Terakhir, Fira pun mengatakan peluncuran produk Aeluna ini juga menjadi perwujudan komitmennya untuk mendukung sesama. Yaitu dengan mendonasikan sebagian hasil penujalannya ke Yayasan Puluh, sebuah lembaga yang bergerak dalam penanganan pada kasus kekerasan dan bencana yang menimpa perempuan dan anak.

Aeluna memiliki komitmen untuk saling mendukung satu sama lain. Melalui kampanye #JourneyWithAeluna, kami ingin memberikan kontribusi nyata melalui support kepada yayasan yang memang berfokus membantu wanita. Kami melihat kami perlu membantu mereka untuk dapat bangkit kembali,” tutup Fira.

Nah Beauty, itulah kisah sukses seorang Almiranti Fira dalam membangun beauty brand, Aeluna. Semoga menginspirasi kamu ya!

Artikel Pilihan