Menu

Jagang Abai Moms! Ini Bahaya Kurang Me Time saat Jadi Ibu Rumah Tangga, Nomer 2 Serem Banget!

01 Agustus 2022 11:35 WIB

Ilustrasi anak yang sedang stres. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Pekerjaan ibu rumah tangga adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan perhatian ekstra dan pikiran yang gak sedikit. Moms pasti akan lelah setelah mengurus anak dan juga rumah tak ada henti.

Rasanya mustahil ya Moms punya waktu buat diri sendiri. Dengan padatnya jadwal dan aktifitas yang melelahkan. Padahal me time perlu banget dan punya dampak yang besar buat diri sendiri dan buat orang disekitarnya lho! Berikut tiga alasannya.

1. Emosian dan Gampang Marah

Seringkali kita terbawa emosi ketika udah capek fisik dan habis tenaga. Ternyata ada studinya, Moms! 

Mengutip artikel dari Harvard Medical School, ketika lelah fisik, otak kita mematikan korteks frontal, sehingga gak mampu mengambil keputusan rasional dan gak mampu mengendalikan diri. Akhirnya yang mengambil peran jalannya otak adalah Amiglada, yakni bagian emosional otak.

Jadi, gak heran mengapa seringkali Moms kelepasan memarahi anak atau mengambil keputusan yang gak rasional ketika sedang capek.

2. Stres dan Gangguan Mental

Duh, udah gak ada baik-baik nya dari dampak stres Moms! 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa stres dapat mempercepat proses penuaan, merusak pola tidur yang penting, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Moms lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental seperti depresi.

Bahaya banget kan Moms! Maka dari itu pinter-pinter meluangkan waktu untuk me-recharge, melakukan hal yang menyenangkan dan membuat rileks. 

3. Berdampak ke Orang Sekitar

Ingat Moms, tak ada urusan yang selesai ketika sedang stres dan kelelahan. Bahkan orang disekitar tak ada yang suka berurusan dengan orang yang sedang stres atau kelelahan, karena biasanya mereka tak banyak membantu dan malah menimbulkan banyak masalah baru.

Awalnya mungkin Moms berpikir me time sama dengan egois. Tapi coba dipertimbangkan lagi deh Moms! Kenyataannya, manfaat me time sangat penting bagi diri Moms. Orang-orang di sekitar juga akan mendapat manfaat dari me time yang Moms lakukan.

Jadi mulailah meluangkan waktu buat diri sendiri Moms, supaya merasa sehat dan seimbang dari sisi mental, emosional, dan spiritual. Semangat Moms!