Menu

Baik untuk Pertumbuhan Bayi, Ini 5 Manfaat Dahsyat Pijat Bayi yang Perlu Diketahui Orangtua

01 Agustus 2022 17:20 WIB

Bayi yang sedang dipijit. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Melakukan pijat bayi atau baby massage menjadi salah satu tren yang digemari orangtua. Dengan pijatan lembut kepada sang bayi, Moms akan merasakan ikatan kuat dengan sang buah hati.

Dikutip dari laman Parents, penelitian telah menunjukkan bahwa memijat bayi dapat mengurangi tangisan, membantunya tidur lebih nyenyak, dan manfaat lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat pijat bayi yang perlu Moms ketahui berikut ini.

Membuat bayi tidur lebih nyenyak

Bayi yang sering menangis karena tidak bisa tidur, Moms dapat memulai untuk memijat bayi secara perlahan. Bayi yang dipijat ini akan memiliki kadar melatonin yang tinggi dan secara alami akan membuat tubuh menjadi mengantuk. Apabila kadar melatonin tinggi pada bayi, bayi akan merasa lebih rileks dan dapat tidur lebih cepat.

Mendorong keterikatan bayi dan orangtua atau pengasuhnya

Dengan melakukan pijat bayi akan mendorong rasa ikatan melalui kontak mata, suara, senyuman, dan sentuhan. Hal ini efektif untuk mengurangi gejala depresi pasca melahirkan atau meningkatkan rasa peka pada kebutuhan sang bayi.

Dapat melancarkan pencernaan

Pijat bayi dapat membantu melancarkan sistem pencernaan bayi. Bayi seringkali menangis apabila mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, kolik dan perut kembung. 

Menjaga detak jantung lebih stabil

Pijatan bayi dipercaya dapat memperbaiki sistem saraf dalam tubuh yang berdampak pada tumbuh kembang sang bayi. Selain itu, pijatan bayi ini dapat membantu untuk menjaga detak jantung lebih stabil.

Baik untuk pertumbuhan bayi

Dikutip dari Healthline, Asosiasi Internasional Pijat Bayi (IAIM) menyebutkan bahwa pijat bayi dapat membantu meredakan otot, nyeri tumbuh, dan ketidaknyamanan tumbuh gigi serta merangsang pertumbuhan pada bayi prematur. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung klaim tersebut.

Nah, itu dia 5 manfaat pijat bayi yang ternyata memiliki dampak baik untuk bayi.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya

Artikel Pilihan