Menu

Moms, Catat! Begini 3 Tips Ampuh Agar Anak Cepat Tidur

28 September 2020 19:00 WIB

Ibu membangunkan anak yang masih tidur (Alodokter/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Menghabiskan waktu untuk merawat dan bermain dengan anak tentu menjadi sebuah momen yang berharga bagi para Moms. Selain dapat memperhatikan tumbuh kembangnya, Moms juga dapat membangun hubungan lebih dekat dengan sang anak. 

Namun terkadang ketika Moms dan sang anak tengah bermain dan menghabiskan waktu bersama, sang anak justru terlalu asik untuk bermain dan nggak mau menghetikan aktivitas tersebut. Tentu saja hal ini membuat Moms seringkali merasa kesal dan sangat sulit sekali untuk mengajak sang anak pergi tidur atau untuk beristirahat.

Namun Moms nggak perlu merasa kesal, karena 3 tips ini dapat membantu Moms agar sang anak cepat tidur dan meninggalkan aktivitas bermainnya saat menjelang waktu istirahatnya. 

Membuat jadwal tidur

Agar sang anak lebih dapat displin dengan waktu tidurnya, ada baiknya jika moms membuat jadwal tidur untuknya. Seperti setelah makan malam berilah waktu untuk sang anak bermain hanya 30 menit, setelah itu sang anak harus segera pergi tidur. Moms dapat menempelkan jadwal tidur tersebut di kamar sang anak agar mereka paham peraturan yang sudah dibuat. Jelaskan secara rinci terlebih dahulu mengenai peraturan yang sudah disepakati. 

Bercerita

Daripada membiarkan sang anak bermain terlebih dahulu sebelum waktunya tidur, ada baiknya jika Moms menghabiskan waktu untuk bercerita dan mengobrol dengan sang anak. Moms bisa menghabiskan waktu 30 menit untuk mengobrol dan bercerita mengenai segala sesuatu yang dapat menarik perhatian sang anak.

Temani dan berikan kalimat manis

Beberapa anak mungkin menjadi susah atau malas untu tidur, karena ia merasa takut untuk tidur sendiri. Hal ini terjadi karena naluri sang anak masih ingin ditemani oleh sang mama. Saat Moms menemani sang anak untuk tidur, hal itu akan membuat sang anak mereasa lebih nyaman sehingga membuatnya menjadi lebih mudah untuk tertidur. Moms juga dapat memberikan kalimat-kalimat manis untuk sang anak pada saat menemaninya tidur.

Semoga bermanfaat Moms!