Menu

Talenan Buluk Auto Kinclong, Ternyata Begini Lho Cara Bersihkan Alas Potong dengan Mudah! Patut Coba!

03 Agustus 2022 11:50 WIB

Ilustrasi talenan kayu. (Unsplash/Towfiqu Bharbuiya)

HerStory, Jakarta —

Talenan atau alas untuk potong memotong yang digunakan di dapur seringkali menjadi hal yang paling penting dan sering digunakan. Jadi, tentu saja kebersihannya harus dijaga dan memerlukan perawatan khusus agar lebih nyaman digunakan.

Sayangnya, terkadang talenan yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama akan berubah menghitam. Noda hitam pada talenan ini pun seringkali sulit dibersihkan.

Meski demikian, masih ada cara untuk membuat talenan yang menghitam jadi bersih kembali seperti baru. Hal ini seperti yang tampak dalam unggahan akun TikTok @momihood.

Dalam unggahan itu, tampak sebuah talenan kayu yang sudah menghitam di permukaannya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menuangkan air panas.

Selanjutnya tuangkan garam dan gosok permukaan talenan sebentar menggunakan sikat gigi atau sabut cuci piring untuk hasil yang maksimal. Tambahkan baking soda secara merata dan gosok kembali, noda hitam pun akan mulai terangkat.

Untuk talenan yang sudah sangat hitam, diamkan baking soda selama 15 menit sebelum akhirnya digosok. Tuangkan cuka putih dan kembali gosok permukaan talenan secara merata.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan membilas menggunakan air panas. Penggunaan air panas ini dimaksudkan untuk membasmi kuman-kuman.

Lap talenan hingga kering, dan talenan bersih seperti baru pun siap dipakai. Tips ini tentu akan sangat berguna untuk digunakan di dapur.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Yang mau coba lebih baik pakai sarung tangan karena campuran baking soda dan garam itu nggak semua tangan orang kuat nahannya," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Terima kasih kak. Talenan di kosan otw glow up nih," ujar warganet ini.

"Wah besok bakal langsung coba nih. Mantap kak," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Selasa (2/8/2022), video cara atasi talenan menghitam ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 500 ribu kali di TikTok.

Artikel Pilihan