Menu

Ini 7 Tips Memilih Nama Bayi yang Tepat untuk Buah Hati, Calon Mamah Muda Enggak Perlu Bingung!

29 September 2020 10:00 WIB

Ilustrasi ibu dan bayi (WebMD/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kehadiran buah hati adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap ibu, khususnya calon Mamah Muda. Dalam penantiannya, mencari nama yang tepat untuk buah hati adalah hal yang paling menyenangkan. Di samping itu, ini juga bukan suatu hal yang mudah, karena nantinya nama tersebut akan bersanding dengan buah hati dalam kehidupannya. 

Dear calon Mamah Muda, tentu ada harapan dan doa yang terselip dalam nama yang kamu berikan untuk si kecil, bukan? Apa yang kamu pilih mungkin sangat memengaruhi nasib si kecil, karena kamu yakin kalau setiap nama memiliki energi tersembunyi di baliknya.

Memilih nama bayi memang kadang membingungkan. Berikut ini HerStory rangkum deretan tips yang perlu dipertimbangkan saat memilih nama bayi, seperti dikutip dariberbagai sumberSelasa (29/9/2020).

Sortir pilihan

Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang saat ini tengah mengandung dan sudah memiliki beberapa pilihan nama untuk buah hati, nantinya. Sebelum menentukan pilihan yang tepat, tandailah nama yang kamu sukai dan juga menarik. Setelah itu, kamu bisa meminta pendapat dari suami, keluarga, atau bahkan teman untuk membantu menentukan pilihan nama yang tepat.

Analisis artinya

Setiap nama tentu memiliki arti atau makna tersendiri di dalamnya. Cobalah untuk memilih nama dengan arti atau makna terbaik. Jangan sampai memilih nama yang kurang baik atau berpotensi membuat si kecil jadi malu nantinya, Beauty.

Seperti yang disebutkan dalam Moms Junction, ada beberapa nama dari berbagai negara yang justru memiliki arti kurang baik. Seperti Calvin yang berarti botak, Cecelia yang berarti buta, atau nama-nama seperti Adolf yang enggak memiliki reputasi yang menyenangkan.

Unik dan enggak berlebihan

Selain memilih nama anak dengan arti yang baik, kamu juga bisa memilihkan nama yang terdengan unik tapi enggak berlebihan. Nama yang unik memberikan kesan tersendiri saat didengar.

Namun, nama yang terlalu unik dan terdengar aneh dikhawatirkan membuat si kecil merasa enggak nyaman nantinya. Bahkan, si kecil bisa saja mendapat bully dari nama yang ia miliki. Duh.. hal ini bisa berdampak pada sisi psikologisnya lho, Beauty.

Hormati tradisi

Memilih nama dari latar belakang budayamu adalah cara terbaik untuk menghormati tradisi yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan nama gadis ibu, nama keluarga yang diturunkan, atau nama kerabat favorit. Sungguh istimewa memilih nama yang memiliki arti keuat dalam keluarga, Beauty.

Pertimbangkan kalau mau pilih nama yang lagi nge-trend

Beauty, kamu juga harus mempertimbangkan nama yang populer atau lagi nge-trend untuk si kecil. Memilih nama dari pesohor atau selebritas papan atas mungkin tampak keren, tapi mungkin enggak relevan di tahun-tahun yang akan datang.

Perhatikan agama

Banyak agama membahas pemberian nama kepada bayi yang baru lahir menurut kepercayaan masing-masing agama. beberapa agama merasa kalau anak harus berasal dari leluhur. Sedangkan, beberapa lainnya menganjurkan untuk memberi nama yang berhubungan dengan nama Nabi atau orang suci.

Agama adalah aspek yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih nama untuk si kecil. Tapi biasanya, akan lebih mudah dicampur dengan nama tengah, nama keluarga, atau nama yang cukup kreatif.

Sesuaikan dengan jenis kelamin

Ini sih yang paling penting, memilih nama sesuai dengan jenis kelamin si kecil. Kadang, garis nama antar-gender itu beda tipis. Hal ini bisa menjadi hal baik bagi bayimu ataupun sebaliknya. Anak laki-laki misalnya, enggak pernah menginginkan satu ruangan dengan seorang perempuan yang memiliki nama sama dengannya.

Semoga bermanfaat!