Menu

Waduh, Terlalu Banyak Konsumsi Garam Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Kematian, Kok Bisa Sih?

04 Agustus 2022 09:25 WIB

Garam. (Pixabay/Bruno Germany)

HerStory, Jakarta —

Garam memang enak dan bisa meningkatkan cita rasa pada masakan. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu banyak mengkonsumsi garam ternyata bisa meningkatkan risiko kematian muda lho!

NHS merekomendasikan kamu untuk tak mengonsumsi garam lebih dari 1 sendok teh per hari, termasuk dalam makanan yang sudah jadi dan ketika memasak.

Karena, garam bisa meningkatkan tekanan darah, stroke atau serangan jantung yang berpotensi mematikan dan risiko kanker.

Sebuah studi pun mencari tahu dampak garam yang ditambahkan ke makanan pada waktu makan dan asupan garam total.

Para peneliti di Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine, New Orleans dilansir dari The Sun, mempelajari setengah juta orang Inggris berusia antara 40 dan 69 tahun.

Mereka pun diminta memilih jawab tak pernah, jarang atau selalu menambahkan garam dalam makanannya. Kemudian, para peneliti memantau mereka selama 9 tahun.

Hasilnya, mereka yang menambahkan garam ke makanan 28 persen lebih berisiko meningkatkan kematian dini, dibandingkan mereka yang tak pernah atau jarang menambahkan garam dalam makanan.

Bahkan, harapan lebih rendah di antara mereka yang selalu menambahkan garam ke dalam makanan dibandingkan mereka yang tak pernah atau jarang melakukannya.

Pada usia 50 tahun, European Heart Journal menemukan tingkat harapan hidup wanita dan pria masing-masing 1,5 tahun dan 2,28 tahun.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Profesor Lu Qi, telah memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhi kematian, seperti usia, berat badan, jenis kelamin, merokok dan konsumsi minuman keras serta kondisi kesehatan lainnya.

Risiko kematian dini di antara mereka yang makan paling banyak garam cenderung sedikit berkurang, bila mereka mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah paling banyak.