Menu

Beauty Wajib Tahu, Ini 3 Tips Belanja Online yang Hemat di Kantong Plus Dapet Untung, Cobain Yuk!

04 Agustus 2022 17:19 WIB

Ilustrasi belanja online (Seb_ra/Edited By HerStory))

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu salah satu yang doyan belanja online? Yap, berbelanja secara online sekarang ini bukan lagi menjadi hal baru, utamanya saat pandemi Covid-19.

Dan tahu gak Beauty, selama pandemi Covid-19 ini, transaksi belanja online di Indonesia trennya semakin meningkat, lho. Bank Indonesia sendiri mencatat, nilai transaksi e-commerce pada semester pertama 2021 sebesar Rp 186,75 triliun atau tumbuh 63,36% yoy.

Gak cuma itu, di sisi lain, pandemi pun secara gak langsung telah mengubah karakteristik belanja online masyarakat. Hal ini juga dirasakan oleh ShopBack, platform belanja dan rewards yang hadir di 10 kawasan di Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

“Angka growth yang sebelum pandemi diperkirakan membutuhkan waktu lebih lama, ternyata dipercepat oleh pandemi. Beberapa kategori yang sebelum pandemi sangat kuat di ranah offline seperti kebutuhan rumah tangga, makanan dan minuman, sayur dan fresh food, bahkan gadget atau komputer tiba-tiba ‘terpaksa’ dibeli online,” ujar Galuh Kirana, General Manager ShopBack Indonesia, kepada HerStory, Kamis (4/8/2022).

Menariknya, lanjut Galuh, pandemi juga membuat masyarakat lebih peka untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari setiap spending mereka (value for money). Sebelum berbelanja, kata dia, pengguna terbiasa untuk cek harga dulu, baca review produk dan penjual, cari kupon untuk diskon dan gratis ongkir, dan juga menunggu saat yang tepat untuk belanja.

Tak hanya itu, sambung Galuh, pengguna pun mengetahui kapan ada penawaran terbaik dan memanfaatkan momen tersebut untuk berbelanja online, misalnya tanggal kembar, promo tanggal 25, dan lain sebagainya.

“Karakteristik pengguna belanja online yang semakin terbiasa untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan value for money ini sangat cocok dengan value ShopBack, dan kami merasa bangga sudah ikut membentuk karakteristik ini. Fitur-fitur yang kami tawarkan bertujuan untuk membantu pengguna menjadi smart shopper. Kalau bisa dapat yang lebih murah, kenapa bayar mahal kan?,” ungkap Galuh.

Galuh melanjutkan, ShopBack sendiri mengkurasi penawaran-penawaran terbaik dari beragam marketplace di Indonesia, sehingga sebelum belanja, pengguna sudah dapat mempertimbangkan toko apa yang bisa memberikan mereka penawaran terbaik. Selain itu, ShopBack juga memberikan cashback untuk setiap pembelanjaan yang dilakukan melalui ShopBack.

“Jadi, kalau setiap belanja bisa dapat cashback, kan lumayan ya. Cashback bisa dikumpulkan, dari sedikit ditabung lama-lama jadi signifikan jumlahnya. Ini yang kami tawarkan kepada pengguna kami,” ujar Galuh.

Galuh pun menambahkan, saat ini ShopBack Indonesia memiliki lebih dari 8 juta pengguna yang terdiri atas 60% wanita dan 40% pria. Adapin, kategori yang selalu menjadi favorit belanja pengguna ShopBack Indonesia diantaranya fashion, health & beauty, handphone & electronics.

Nah Beauty, agar kamu nyaman, aman dan hemat saat berbelanja online, lanjut Galuh, berikut ada beberapa tips dari ShopBack Indonesia.

Pertama, kata Galuh, saat akan berbelanja online, pilihlah produk dan toko yang menawarkan harga terbaik, dengan melihat komparasi atau rekomendasi yang tersedia di aplikasi.

Kedua, penting juga nih buat kamu untuk melihat reputasi toko berdasarkan rating, jumlah produk yang sudah terjual, dan ulasan pembeli sebelumnya.

“Dan ketiga, jangan lupa, carulah keuntungan lebih yang ditawarkan, misalnya diskon, voucher, cashback atau gratis ongkir. Jadi, untungnya untuk pengguna semakin banyak dan pengguna bisa memaksimalkan value dari setiap pengeluaran yang dilakukan,” pungkas Galuh.

So, happy shopping, ya Beauty!

Artikel Pilihan