Menu

Ingatan Dijamin Kuat! Ini 5 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Anak, Cuss Moms Cobain!

05 Agustus 2022 11:45 WIB

Ilustrasi anak sedang makan sayuran. (Freepik/pvproductions)

HerStory, Jakarta —

Memberikan makanan yang tepat ternyata gak cuma baik untuk kesehatan dan menjaga si kecil dari penyakit lho! Hal ini juga akan mendukung kecerdasan dan tumbuh kembangnya dengan sangat baik pula.

Menurut UNICEF, dua dari tiga anak berusia enam bulan dan dua tahun tak diberi makan yang baik yang berguna untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Padahal hal itu dapat menghambat perkembangan otak, lemah menangkap pelajaran, imunitas rendah, infeksi dalam banyak kasus, menyebabkan kematian.

Dikutip dari laman Hindustan Times, Jumat (5/8/2022), berikut daftar makan sehat yang baik untuk meningkatkan memori anak.

1. Sayuran Hijau

Semua sayuran hijau seperti bayam, seledri, daun kelor, beetroot kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan serat. Makanan tersebut baik untuk kesehatan usus dan rendah lemak, yang akhirnya baik untuk kesehatan memori anak.

2. Telur dan Ikan

Otak terdiri dari lemak omega 3 dan DHA yang banyak terkandung pada telur dan ikan laut seperti sarden, salmon, atau tuna. Hal itu meningkatkan kolesterol baik yang menjaga kesehatan mata dan meningkatkan metabolisme.

3. Oatmeal

Oatmeal biasanya diolah menjadi bubur yang kaya serat, rendah gula, dan rendah kolesterol. Hal itu dapat memberikan asupan energi bagi anak, baik tubuhnya maupun kesehatan otaknya. Oatmeal juga dapat menjadi pilihan sarapan sebelum anak menghadapi ujian di sekolah.

4. Buah Beri

Buah-buahan seperti beri misalnya blackberry, stroberi, dan buah ceri mengandung zat anthocyanins san zat flavonoid lainnya yang baik untuk fungsi memori. Beri tersebut kaya akan antioksidan, serat dan melawan inflamasi. Plusnya, buah-buahan beri biasanya sangat disukai anak-anak!

5. Kacang dan Biji-bijian

Kacang, biji-bijian dan buah-buahan kering mengandung lemak baik, mineral dan beragam vitamin. Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat mendukung kesehatan anak secara keseluruhan.

Artikel Pilihan