Menu

Mudah dan Anti Repot, Ini 3 Cara Gampang Rawat Kesehatan Vagina! Cuss Langsung Praktik!

05 Agustus 2022 12:35 WIB

Ilustrasi merawat area kewanitaan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Walaupun tertutup, kebersihan vagina harus selalu terjaga, Hal ini karena ketika berkeringat atau menstruasi, vagina bisa saja mengeluarkan bau tak sedap atau masalah keputihan.

Walau secara alami vagina dapat membersihkan sendiri, terkadang juga diperlukan perawatan ekstra.

Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Corry Khathreen SpKK menjelaskan, selain mencegah infeksi, menjaga kebersihan vagina juga dapat mencegah gangguan kesehatan lain di sekitar organ intim.

Lebih lanjut, ia membagikan lebih lanjut cara-cara sederhana menjaga area kewanitaan seperti yang dikutip dari siaran pers Mayium lewat Suara.com, Jumat (5/7/2022) berikut ini.

Pertama, membasuh area kewanitaan dengan tepat. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membasuh vagina dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus.

Kedua, hindari menggunakan pakaian dalam ketat. Menggunakan pakaian dalam yang ketat membuat keringat tak terserap dan lembap berlebih.

Ketiga, jika perlu, gunakan pembersih kewanitaan. "Selain itu, bisa gunakan pembersih kewanitaan yang aman untuk area luar vagina (vulva)," ujar dr. Corry.

Saat ini, produk-produk pembersih kewanitaan banyak yang memanfaatkan daun sirih dan buah manjakani, seperti yang menjadi khasiat utama dalam produk Mayium.

Daun sirih diketahui memiliki sifat antijamur yang dapat mengurangi gatal pada organ intim wanita. Sementara manjakani dapat mengurangi masalah keputihan dan bau tak sedap.

"Berbentuk foam, Mayium jauh lebih praktis dan hemat karena kami tahu bagaimana rasanya menggunakan feminine wash cair yang sudah beredar," kata Founder Mayium, Agustina.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.