Menu

Jangan Boros! Atur Uang dengan Cara Ini, Moms

29 September 2020 17:36 WIB

Ilustrasi gaji. (Shutterstock/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Manajemen uang yang buruk kedengarannya nggak enak banget ya, Moms. Apalagi kalau Moms mungkin enggan ingin berurusan dengan itu.

Kendati demikian, sebagian besar orang nggak mengelola uang mereka dengan baik, lho. Bahkan, beberapa sumber melaporkan bahwa orang Amerika sangat buruk dalam hal keuangan mereka dibandingkan dengan negara maju lainnya.

Dilansir dari PopSugar, ada harapan bagi Moms jika berada di antara kelompok ini. Beberapa strategi hebat ini dicoba dan diuji yang dapat Moms pelajari bagaimana mengelola uang Moms dengan cara yang benar.

1. Buat anggaran

Hal pertama yang dilakukan ialah membuat anggaran jika Moms belum melakukannya. Apakah itu perlu? Apakah wiper kaca depan diperlukan saat hujan? Percayalah, Moms membutuhkannya.

Membuat dan berpegang pada anggaran mungkin tampak sedikit sulit untuk dicapai pada awalnya, tetapi pada akhirnya bakal terbayar. Penganggaran membantu Moms melihat dengan jelas dan transparansi penuh situasi keuangan kami dan ini yang paling penting untuk mengelola uang Moms dengan lebih baik.

2. Pahami pengeluaran Moms

Mintalah siapa pun untuk memberi tahu Moms berapa banyak mereka menghabiskan sebulan untuk segala hal dan mereka mungkin nggak bisa melakukannya. Banyak orang sebenarnya enggak tahu jumlah total pengeluaran yang mereka hasilkan pada bulan tertentu. Ini masalah tetapi ada solusi mudah untuk itu. Makanya, selama satu bulan, catat semua pengeluaran Moms. Gampang banget, Ambil semua kwitansi Moms (belanjaan, tagihan restoran, utilitas, dll). Lihatlah laporan bank Moms dan jumlahkan semua pengeluaran Moms. Ingatlah untuk melacak pengeluaran yang dibayar dengan uang tunai serta kartu kredit.

3. Pahami penghasilan Moms

Perbedaan antara pendapatan dan pengeluaran, kebanyakan orang mengetahui pendapatan bulanan penuh mereka tetapi memiliki pengetahuan yang lebih sedikit tentang pengeluaran bulanan penuh mereka.

Kendati demikian, intinya adalah mencari tahu total pengeluaran Moms dan menguranginya dari total pendapatan Moms untuk bulan yang bersangkutan.

4. Konsolidasi hutang Moms

Hutang, kata yang ditakuti banyak orang. Enggak ada yang suka hutang. Sama sekali nggak ada. Dan kebanyakan orang yang membutuhkan bantuan untuk mengelola uang sebenarnya membutuhkan bantuan untuk keluar dari hutang. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengendalikannya dan berusaha menyingkirkannya. Jika Moms memiliki hutang kartu kredit, pinjaman pelajar, dan hutang lainnya, berusahalah untuk mengkonsolidasikannya dan mencoba untuk mendapatkan tingkat bunga serendah mungkin.

5. Kurangi atau hapus biaya yang enggak perlu

Ingat, idenya adalah mempelajari cara mengelola keuangan Moms dengan lebih baik dengan memperhitungkan segala sesuatu dan setiap sen.

Jadi, lakukan pembersihan musim semi dan kurangi pengeluaran di mana pun Moms melihat peluang dan terutama jika itu adalah sesuatu yang nggak terlalu memengaruhi hidup Moms.