Menu

Dear Mompreneur, Begini 5 Tips Ampuh Dapat Review Bintang 5 dari Pembeli! Cuss Dicoba Moms

08 Agustus 2022 12:30 WIB

Ilustrasi wanita pengusaha online. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Mompreneur merupakan penyebutan untuk Ibu rumah tangga yang memiliki bisnis atau usaha. Salah satunya adalah Ibu yang bekerja dari rumah memiliki online shop (olshop) misalnya. Nah, bagi para mompreneur yang berkutat di bidang olshop, pastinya penting banget dong untuk dapat review bintang 5 dari pembeli?

Ulasan dari pembeli pastinya sangat penting untuk kelangsungan bisnis Moms. Semakin tinggi review yang diberikan, bisnis pasti bakalan semakin laris manis.

Gak perlu bingung Moms, kamu bisa menerapkan tips and trick dari Tokopedia ini untuk mendapatkan review bintang 5.

Responsif dan Komunikatif 

Pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab. Sebagai owner, Moms harus sigap menjawab semua pertanyaan dari pembeli. Jelaskan produkmu secara detail, sehingga mereka merasa nyaman dengan penjelasanmu.

 “Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain, sampaikan ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka. Penjual bisa menggunakan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko,” saran Resti Purniandi, selaku Merchant Education Senior Lead Tokopedia kepada HerStory, Senin (08/08/2022).

Gunakan Foto dan Video yang Sesuai

Pastikan foto dan video produk asli dan buatan sendiri. Foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.

“Manfaatkan juga pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana. Para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan,” ujar Resti.

Deskripsikan Produk dengan Jelas

Jelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan. Informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.

“Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli,” kata Resti.

Kemas Produk dengan Aman

Gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya agar aman.

“Periksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang. Kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman. Ingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket sebagai bukti kondisi produk jika ternyata ditemukan keluhan,” jelas Resti.

Jaga Komunikasi dengan Pembeli Setelah Bertransaksi

“Ketika pesanan sudah diterima oleh pembeli, ucapkan terima kasih dan tanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap pelayanan toko. Mintalah kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan,” tutur Resti.

“Berbagai materi edukasi untuk penjual bisa diperoleh dan diakses secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller. Kami berharap berbagai inisiatif Tokopedia dapat memajukan UMKM lokal sekaligus membantu memulihkan perekonomian nasional,” tutup Resti.

Artikel Pilihan