Menu

Moms,Catat! Begini Tips Memilih Mainan Anak Sebelum Memutuskan untuk Membelinya

30 September 2020 10:00 WIB

ilustrasi anak sedang bermain (Unsplash/Shirota Yuri)

HerStory, Jakarta —

Setiap orangtua tentu memiliki keinginan agar dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan yang diperlukan anak selama masa tumbuh kembangnya. Salah satunya yaitu ketika sang anak meminta dibelikan sebuah mainan agar dapat menemaninya untuk bermain dikala bosan melanda. 

Ketika memutuskan untuk membelikan mainan untuk sang anak, Moms pasti memberikan keputusan sepenuhnya kepada sang anak untuk memilih mainan seperti apa yang ia inginkan.

Namun nyatanya hal tersebut nggak bisa dilakukan sembarangan lho Moms, ada baiknya jika Moms memperhatikan terlebih dahulu beberapa tips di bawah ini sebelum membelikan mainan untuk anak. 

Pilih sesuai usia

Sebelum membelikan mainan untuk anak, pastikan Moms selalu membaca terlebih dahulu label kemasan tentang rekomendasi rentang usia di setiap mainan anak yang akan dibeli. Jangan membelikan mainan yang nggak sesuai dengan usia anak, karena nantinya hal tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi anak. 

Punya banyak fungsi

Ketika membelikan mainan untuk anak, ada baiknya jika Moms membelikan mainan yang bukan sekedar hanya untuk bermain tapi juga dapat memberikan manfaat bagi sang anak. Karena dengan begitu, sang anak nggak hanya mendapatkan kesenangan tetapi mendapat berbagai dampak baik untuk dirinya.

Perhatikan daya tahan mainan

Saat memilih dan membeli mainan untuk anak, Moms nggak boleh lupa untuk mempertimbangkan seberapa lama mainan tersebut dapat bertahan. Selain itu, pertimbangkan kembali apakah mainan tersebut bisa dicuci, awet, dan aman bagi anak.

Semoga bermanfaat, Moms!