Menu

Hanya dengan Satu Bahan, Masalah Kulit dari Komedo Hingga Kusam Langsung Terhempas! Caranya...

09 Agustus 2022 09:25 WIB

Ilustrasi wanita yang miliki masalah komedo. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Siapa sih yang gak kenal baking soda? Bahan ini sudah dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan selain untuk membuat kue. Salah satu manfaat dari baking soda adalah untuk kesehatan wajah yakni menghilangkan komedo hingga kulit yang kusam.

Apa saja manfaat dari baking soda selain itu? Simak yuk!

Tapi perlu diingat bahwa baking soda merupakan salah satu bahan yang keras. Oleh karena itu perhatikan takarannya saat menggunakannya, dan disarankan untuk mencampurnya dengan bahan alami lainya. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat dari baking soda. Mari kita simak !

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Salah satu manfat baing soda untuk kulit wajah ialah dapat membuat tampak lebih cerah. Dengan dicampur jus jeruk, baing soda dapat meningkatkan produksi kolagen yang ada pada kulit, selain itu dapat menghilangkan kotoran.

Jus jeruk yang mengadung vitamin C akan menambah cahaya alami, sementara baking soda berperan dalam menghilangkan kulit mati dan menggantinya dengan yang baru. 

2. Menghilangkan Jerawat

Manfaat lain dari baking soda ialah untuk pengelupasan ringan pada kulit menjadikan dapat menghilangkan jerawat pada wajah kamu. 

Sebelum dioleskan pada wajah jangan lupa bakin soda untuk diencerkan terlebih dahulu. Soda kue tak hanya mengeringkan jerawat. Kandungan anti bakteri di dalamnya juga bisa mencegah jerawat lebih lanjut.

3. Meringankan Flek Hitam

Manfaat baking soda selanjutnya adalah menghilangkan flek hitam di wajah. Hal tersebut mengingat baking soda punya sifat pemutihan yang membantu memudarkan bekas dan bintik-bintik pada kulit. Namun, supaya tak terlalu keras untuk kulit wajah, cobalah mencampurkannya dengan jus lemon.

4. Mencegah Komedo

Jika kamu mempunyai tipe kulit yang berminyak, komedo salah satu permasalahan yang sering muncul di wajah, terlebih jika pori-pori wajah kamu cenderung besar. 

Untungnya, soda kue dapat membantu dalam meminimalkan masalah komedo dengan menutup pori-pori kulit wajah kamu atau sedikit mengecilkannya. Kandungan astringent pada baking soda akan membantu menutup pori-pori dan mencegah kotoran menyumbat di dalamnya.

5. Menghilangkan Sel Kulit Mati

Kotoran dan polusi yang menempel di kulit wajah kamu terkadang tak bisa hilang meski sudah mencuci wajah. Untuk menghilangkan partikel debu kecil ini, kamu membutuhkan pembersih yang lebih efektif dalam membersihkan pori-pori. Salah satunya, kamu dapat menggunakan soda kue sebagai pengganti produk scrub.