Menu

Konsultasi Secepatnya, Ini 6 Tanda Bahwa Kamu Butuh Bantuan Psikiater

10 Agustus 2022 10:50 WIB

Ilustrasi pasien bertemu psikiater. (Freepik/tirachardz)

HerStory, Bekasi —

Penting untuk menjaga kesehatan mental. Ini karena mental yang sehat dapat membuat pikiran menjadi positif sehingga tubuh akan berfungsi dengan baik.

Nah, jika masalah mental gak ditangani dengan cepat dan tepat, dapat menyebabkan risiko masalah kesehatan jiwa lainnya. Untuk itu kamu perlu mengenali tanda-tanda masalah kesehatan mental di mana kamu membutuhkan bantuan psikater, seperti yang dikutip dari Healthshots berikut ini.

1. Rasa lelah yang berlebihan

Rasa lelah bukan sebuah masalah, dan itu normal dirasakan setiap waktu. Tapi perlu diingat, rasa lelah berlebihan bisa mengakibatkan depresi. Jika kamu merasakan ini, maka perlu ke psikiater untuk mengambil tindakan segera.

2. Emosi yang terus menerus

Emosi juga hal yang normal, tapi perlu diingat jika emosi datang terus-menerus dan berlebihan bisa memengaruhi kesehatan mental ke depan. Bahkan bisa terjadinya perbuatan kejam.

3. Perasaan takut di situasi tertentu

Istilah ini disebut dengan agoraphobia, yakni perasaan takut di situasi tertentu. Perasaan takut ini bisa mengakibatkan seseorang menyakiti dirinya sendiri. Karena itu, coba cari bantuan psikiater jika kamu mengalami tanda yang satu ini.

4. Hilangnya ketertarikan minat

Jika kamu mengalami kehilangan minat untuk beraktivitas sehari-hari, perlu ambil tindakan ke psikiater sekarang juga. Hal ini bisa berdampak pada gejala mental lainnya yakni depresi dan juga kecemasan.

5. Putus asa

Kamu bisa saja kehilangan motivasi dari waktu ke waktu. Karena itu, putus asa terjadi pada orang yang tidak percaya sama masa depannya sendiri. Kondisi ini bisa membahayakanmu, dan perlu segera ambil tindakan. Jika tidak, maka masalah depresi risikonya.

6. Menarik diri

Menarik diri dari lingkungan sosial tentu bukan hal yang salah, apalagi kamu butuh waktu sendiri untuk menikmati hidup. Jika terlalu sering menarik diri dari lingkungan, tentu akan membahayakan. Risikonya, kamu bisa saja takut untuk bertemu dengan orang lain.

Nah, itu dia beberapa tanda kamu butuh bantuan psikiater.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya