Menu

Tonjolkan Kekuatan Identitas Kultural, IM3 Gaet 4 Musisi Lintas Genre Hadirkan Lagu ‘Menjadi Indonesia’, Asli Keren!

11 Agustus 2022 06:32 WIB

Kunto Aji, Iwa K, Kill the DJ, dan Tuan Tigabelas berkolaborasi dengan IM3 lewat lagu Menjadi Indonesia, yang sekaligus menjadi lagu kampanye IM3 khusus Hari Kemerdekaan. (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, Hari Kemerdekaan RI di depan mata. Nah, dalam menyambut momen penuh semangat di bulan kemerdekaan Indonesia, IM3 kembali menghadirkan kampanye terbarunya, Menjadi Indonesia. Dengan melibatkan kolaborasi musisi lintas genre yaitu Kunto Aji, Iwa K, Kill the DJ, dan Tuan Tigabelas, IM3 juga perkenalkan lagu yang dikemas dalam nuansa musik Hip Hop berjudul ‘Menjadi Indonesia’. 

Melalui lagu dan kampanye ini, IM3 ingin mengajak para penggunanya dan generasi muda Indonesia untuk terus bangga akan keberagaman budaya serta nilai-nilai Indonesia yang tertanam dan menunjukkannya sebagai kekuatan yang dimiliki sebagai bangsa Indonesia.

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh,menyampaikan, kampanye ‘Menjadi Indonesia’ merupakan persembahan kami untuk merayakan semangat keberagaman yang menjadi keunikan dan kekuatan Bangsa Indonesia. 

“Hal ini kami cerminkan dengan menghadirkan sebuah eksplorasi baru lewat karya kolaborasi yang melibatkan musisi lintas genre serta talenta dari berbagai suku dan budaya untuk menunjukkan kekuatan keberagaman Indonesia, dan musik termasuk Hip Hop dapat dibangun dan diekspresikan dari keberagaman tersebut. Lebih dari itu, IM3 yang berkomitmen untuk selalu mengambil bagian dan menghubungkan lebih banyak lagi generasi muda Indonesia dari Barat hingga Timur, kali ini menghadirkan Freedom Internet kuota besar 100GB dalam promo Sensasi Merdeka untuk mendukung mereka dalam berproses menghasilkan karya positif,” tutur Ritesh, saat sesi konferensi pers di Kantor Pusat PT Indosat, di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Nah, dalam kolaborasi ini, Beauty, pada proses pembuatan musik dan lagu yang menjadi jembatan dalam kampanye ini, musisi Kunto Aji, Iwa K, Kill the DJ, dan Tuan TigaBelas menuangkan makna arti Menjadi Indonesia menurut mereka ke dalam lirik serta aransemen musik.

Selain itu, IM3 juga ingin audiens merasakan energi yang disalurkan dalam video ‘Menjadi Indonesia’ yang menceritakan para musisi Hip Hop dari berbagai daerah sebagai representasi anak bangsa yang bangga akan identitas kulturnya, serta berani menunjukkan kekuatan Indonesia yang dimiliki. 

Adapun, tokoh muda yang diceritakan dalam video musik yang sudah tayang di YouTube IM3 ini pun mewakili ragam karakter dari berbagai latar belakang kebudayaan, seperti musisi Hip Hop Dayu Koto (Padang), President Tidore (Maluku Utara), Ryuurevoir (Cirebon), dan Epo D’Fenomeno (Papua) yang semakin mendukung tujuan dari kampanye ini.

Lagu bergenre hip hop tersebut liriknya mengajak para pendengar untuk bangga menjadi warga Indonesia yang memiliki keberagaman budaya hingga bahasa.

"Pesan utamanya adalah kita pengen generasi muda Indonesia terutama pengguna IM3 untuk bangga menjadi Indonesia karena ini hal yang tidak dimiliki bangsa lain, perbedaan budaya, perbedaan bahasa, bahkan pakaian kita berbeda. Kita harus bangga dengan hal itu," ujar Fahroni Arifin selaku SVP Head of Brand Mgt. & Strategy Indosat Ooredoo Hutchison.

Selanjutnya, salah satu musisi yang terlibat dalam kolaborasi ‘Menjadi Indonesia’, Kill the DJ, menuturkan bahwa, 'Menjadi Indonesia' versi dirinya adalah ketika kita mencintai Indonesia lengkap dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan selalu bangga atas identitas diri kita masing-masing

"Karena kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. Harapannya kampanye ‘Menjadi Indonesia’ dapat mengingatkan generasi muda, bahwa dengan menciptakan karya menggunakan berbagai bahasa, budaya, dan identitas daerah lainnya, tetap mampu membawa karya tersebut kemana pun dan dinikmati oleh siapa pun. Adanya bantuan dari digitalisasi dan internet yang semakin kuat, juga memudahkan untuk setiap karya dan kreativitas dapat tersalurkan dengan baik dan lebih luas,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Kunto Aji pun mengaku bangga terlibat dalam penggarapan lagu Menjadi Indonesia yang dibuat untuk memeriahkan HUT ke-77 RI. Pelantun “Terlalu Lama Sendiri” itu pun menceritakan antusiasnya menciptakan lagu tersebut.

"Jadi, saya ketemu dengan musisi hebat ini di sebuah apartemen. Saya menerima lirik yang sudah ditulis oleh Iwa, Upi, dan Juki," aku Kunto Aji.

Setelah menerima liriknya, pria 35 tahun itu pun terkejut karena setiap katanya memiliki nilai. Pelantun lagu Rehat itu pun mengaku ini kali pertamanya membuat lagu hanya dalam waktu semalam.

"Karena selama ini belum pernah jalanin (buat lagu semalam, red), gue kalau nulis itu satu album bisa setahun. Dan ini jelas menyenangkan, bangga, karena hasilnya luar biasa," tegas Kunto Aji.

"Ini menyenangkan rasanya, bangga, hasilnya luar biasa," tuturnya.

Sebagai mana kita ketetahui, Beauty, IM3, sebagai brand telekomunikasi pilihan anak muda melihat semakin banyaknya talenta Indonesia yang menuangkan identitas dan budaya dari tempat mereka berasal dalam karya yang dihasilkan. Mulai dari musik, seni tari, fashion, kuliner, dan berbagai karya positif lainnya yang kemudian diperkenalkan untuk dinikmati, dan internet tentunya memegang peranan penting agar karya-karya tersebut dapat sampai dan diterima khalayak luas.

Untuk itu mendukung semangat kampanye ‘Menjadi Indonesia’, IM3 menghadirkan paket Freedom Internet kuota besar 100GB dan nelpon sepuasnya ke sesama pengguna IM3 & Tri dengan diskon 45%, seharga Rp137.500 (harga normal Rp250.000) dalam promo Sensasi Merdeka. Selain itu pelanggan juga bisa mendapatkan Double IMPoin setiap pembelian berbagai pilihan paket Freedom Internet dalam promo Sensasi Merdeka hingga 31 Agustus 2022.

Artikel Pilihan