Menu

Moms Perlu Tahu, Begini Cara Ampuh Mengembalikan Gairah Seks yang Hilang Usai Melahirkan

02 Oktober 2020 20:00 WIB

Ilustrasi pasangan suami-istri (Insider/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, menjadi hal yang normal bila seorang wanita mengalami perubahan gairah seksual setelah melahirkan. Kadang, hal ini juga membuat para suami bingung dengan hasrat seksual sang istri yang cenderung turun pasca melahirkan anaknya.

Gairah seksual yang rendah dipicu oleh berkurangnya hormon estrogen dalam tubuh. Menurunnya kadar hormon estrogen, bisa menyebabkan vagina menjadi kering atau kurang pelumas. Hal inilah yang membuat hubungan seksual terasa lebih sakit dan memicu engganya berhubungan intim usai melahirkan.

Enggak cuma itu, banyak faktor lain yang juga bisa memengaruhi menurunnya gairah seks. Seperti trauma fisik, kelelahan dan kurang tidur, hingga menyusui. 

Moms, mungkin banyak di antara kamu yang tengah mengalami hal ini. Mungkin kamu beranggapan kalau hal ini akan hilang seiring berjalannya waktu. Namun, sebuah studi mengatakan kalau setelah hormon kembali normal, enggak menutup kemungkinan kalau hasrat seksual pada ibu yang baru melahirkan tetap rendah.

Untuk itu, diperlukan beberapa cara untuk kembali meningkatkan gairah seks pada wanita yang baru melahirkan. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/10/2020), yuk simak ulasan berikut.

Harus benar-benar pulih

Moms, pastikan kamu benar-benar pulih terlebih dulu usai melahirkan sebelum kembali bercinta dengan suami. Memberi waktu bagi tubuh usai persalinan itu sangat dipelukan. Apalagi, pasca melahirkan kamu merasakan perubahan hormon dan juga fisik yang membuatmu merasa enggak percaya diri.

Seperti yang disebutkan dalam laman healthengine, wanita disarankan enggak melakukan hubungan seks selama dua sampai enam minggu. Peningkatan risiko infeksi, pendarahan, dan nyeri berkurang setelah dua minggu. 

Dalam periode itu, pastikan kalau kamu memiliki istirahat yang cukup ya, Moms. Kamu bisa meminta pasangan untuk turut membantumu mengurus si kecil agar kamu memiliki wkatu istirahat yang cukup.

Konsultasi dengan dokter

Kamu dan juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk menanyakan hal ini lebih lanjut. Kamu bisa menceritakan bagaiman dan kapan libidomu bisa turun setelah melahirkan. Kemungkinan, dokter juga bisa memberitahumu bagaimana cara meningkatkan libidomu, Moms. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kurang lebih setahun usai melahirkan, wanita cenderung mengalami libido yang lebih rendah, terutama pada 4-6 minggu awal.

Konsumsi makanan yang bisa meningkatkan libido

Makanan dan hubungan seksual mungkin enggak terlihat berkaitan erat. Tapi Beauty, tahu enggak sih kalau ada jenis makanan tertentu yang justru bisa meningkatkan libido lho!

Makanan ini disebut-sebut bisa meningkatkan gairah untuk bercinta. Mulai dari bayam, dark chocolate, ginseng merah, hingga makanan laut seperti udang dan juga lobster.

Komunikasikan dengan pasangan

Terakhir, ialah komunikasikan dengan pasangan. Enggak ada salahnya kalau kamu berdiskusi dan berkata jujur ke suami, jika kamu kurang bergairah untuk kembali bercinta pasca melahirkan.

Ajak pula suami saat kamu berkonsultasi ke dokter agar ia memahami kondisimu juga. Dengan begitu, suami akan mengerti dan mencari solusi bersama.

Semoga bermanfaat!