Menu

5 Keuntungan Ini Cuma Bisa Dirasakan oleh Single Parents, Kamu Itu Luar Biasa Hebatnya Moms!

05 Oktober 2020 09:00 WIB

Ilustrasi single parents (Vanier Institute of The Family/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, enggak ada satu pun di antaramu yang memiliki keinginan untuk menjadi single parents, bukan? Tapi, kalau takdir berkata lain, apa boleh buat? Menjadi seorang single parents alias orang tua tunggal, bukanlah suatu perkara hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang tentunya kamu khawatirkan saat dihadapi dengan kenyataan ketika kamu harus mengurus dan mendidik anak sendirian.

Mungkin, di antara kamu juga beranggapan, menjadi seorang single parents membuatmu enggak bisa merasakan hidupmu sendiri secara utuh. Enggak ada waktu untuk 'me time' hingga menghabiskan waktu bersama teman-teman. Semua waktu dan perhatian akan kamu tujukan untuk mengurus si kecil. 

Tapi Moms, tahu enggak sih banyak keuntungan yang hanya bisa dirasakan oleh single parents lho. Berikut ini HerStory rangkum lima keuntungan menjadi orang tua tunggal seperti disadur dari laman Moms Junction, Senin(5/10/2020).

Kamu membuat semua keputusan parenting

Moms, sebagai orang tua tunggal alias single parents, seluruh otoritas keputusan ada di tanganmu. Mungkin di awal kamu merasa takut, takut salah mengambil keputusan yang tepat. Tapi, lama-kelamaan kamu akan menyadari betapa beruntungnya mengambil semua keputusan yang akan memengaruhi si kecil.

Mulai dari urusan sekolahnya, makanan yang ia makan, bagaimana kamu menghabiskan akhir pekan, batasan-batasan yang kamu berikan dalam mendidiknya, dan masih banyak lagi. Itu semua ada di tanganmu dan tentunya kamu akan menentukan pilihan terbaik untuk si kecil, bukan?

Mengelola keuangan

Selain itu, tentunya kamu juga akan mengelola keuangan sendiri. Kamu memiliki pilihan untuk memutuskan bagaimana kamu membelanjakan uang itu untuk keperluan si kecil dan kamu sendiri.

Kamu akan selalu berada dalam posisi yang lebih baik untuk merencanakan keuanganmu dan memahami kapan waktunya untuk royal, kapan waktunya untuk berhemat. Kamu juga bisa mengajari si kecil untuk mengelola keuangannya dengan baik.

Si kecil akan tumbuh jadi anak yang super bertanggung jawab

Meski menjadi orang tua tunggal berarti kamu harus menangani hampir semua pekerjaan sendiri, ini juga berarti kalau kamu akan mengajari si kecil untuk bertanggung jawab atas tindakannya di usia muda. 

Moms, kamu bisa melibatkan atau mengandalkan anakmu untuk setiap hal kecil. Dengan begitu, anak akan belajar pentingnya merencanakan dan menangani setiap tindakannya. 

Libatkan pula si kecil dan minta pendapatnya sebelum memutuskan sesuatu. Enggak cuma membuat si kecil merasa penting, tetapi hal ini akan menanamkan rasa tanggung jawabnya lho, Moms.

Perhatian yang enggak terbagi

Sebagai anak dari single parents, si kecil akan mendapatkan semua perhatianmu yang enggak terbagi, tanpa khawatir cinta dan perhatianmu terbagi antara kamu dan pasangan. Selama si kecil bersamamu, seluruh cinta dan perhatian akan tertuju untuknya. Demikan pula, kapan pun ketika si kecil bersama mantan suami, seluruh cinta dan perhatiannya juga akan tertuju pada anakmu.

Enggak peduli bagaimana keadaan antara kamu dan mantan suami, si kecil akan selalu memiliki kesempatan untuk merasakan cinta dan perhatian dari kedua orang tuanya yang sudah berpisah. 

Kamu enggak akan bergantung pada orang lain

Segala hal kamu lakukan dan memutuskan sendiri saat menjadi seorang single parents. Positifnya, kamu enggak akan lagi bergantung pada pasangan untuk membantumu dengan tugas-tugas tertentu di dalam atau di luar rumah. Kamu akan belajar mengatur waktumu dan menyelesaikan semua pekerjaan tanpa campur tangan orang lain.

Nah Moms, itu tadi lima keuntungan yang hanya bisa dirasakan oleh single parents.  Bisa menjadi ibu sekaligus kepala keluarga untuk anak-anak, kamu itu sosok yang luar biasa hebatnya, Moms!