Menu

Jangan Kaget! Ini 6 Manfaat Kalau Kamu Bersihkan Lidah Secara Rutin, Nomer 5 Wow Banget!

19 Agustus 2022 08:25 WIB

Ilustrasi kanker lidah. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty tahu gak sih ternyata bukan hanya kesehatan gigi saja yang harus dijaga dengan maksimal lho! Kebersihan mulut khususnya lidah juga harus mulai kamu perhatikan.

Banyak dari kita yang masih meremehkan kebersihan dari lidah kita sendiri. Padahal, lidah kita merupakan salah satu indikator dari kebersihan area mulut kita.

Selain dapat membuat napas kita menjadi bau, lidah yang jarang dibersihkan juga memberikan banyak dampak negatif seperti penumpukan bakteri dan sel mati di permukaan lidah akibat sisa makanan.

Ketika kalian membersihkan lidah, akan berdampak pada kesehatan kalian dan memberikan banyak manfaat yang mungkin jarang atau belum kalian ketahui. 

Apa saja sih manfaat membersihkan lidah bagi kita?

Dirangkum dari situs Healthshots, berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika kalian membersihkan lidah:

1.Indera Perasa Kalian Menjadi Lebih Peka

Manfaat pertama yang kalian dapat ketika kalian membersihkan lidah adalah dapat membuat Indera perasa kalian menjadi lebih peka.

Membersihkan lidah kalian sebanyak dua kali setiap harinya dapat meningkatkan indera perasa kalian. 

Menjaga kebersihan lidah secara teratur dapat menghilangkan sel-sel mati dan zat yang tak diinginkan serta menjaga langit-langit mulut kalian tetap segar, sehingga kalian dapat membedakan rasa pahit, manis, asin, dan asam jauh lebih baiks.

2.Menghilangkan Bakteri

Manfaat berikutnya yang kalian dapat ketika kalian membersihkan lidah adalah dapat menghilangkan bakteri di area mulut.

Bakteri adalah sumber dari banyak masalah kesehatan mulut kalian seperti kerusakan gigi dan bau mulut.

Membersihkan lidah dapat membantu kalian untuk menjaga keseimbangan bakteri baik yang berada pada mulut kalian serta membersihkan sisa-sisa makanan dan sel-sel mati yang menumpuk di mulut kalian.

3.Pencernaan Yang Lebih Baik

Manfaat berikutnya yang kalian dapat ketika kalian membersihkan lidah adalah dengan membuat pencernaan kalian mejadi lebih baik.

Sistem pencernaan makanan dimulai dari mulut kalian. Enzim yang berada di air liur kalian akan memecah makanan agar mudah dicerna oleh usus. 

Membersihkan lidah secara teratur sangat penting untuk sistem pencernaan makanan karena dapat membantu sistem pencernaan mengaktifkan enzim diperlukan untuk mencerna makanan.

4.Mengaktifkan Organ

Manfaat berikutnya yang kalian dapat ketika kalian membersihkan lidah adalah dapat mengaktifkan organ-organ di dalam tubuh.

Membersihka lidah secara rutin dapat membantu tubuh menghilangkan racun serta bakteri yang menumpuk di mulut kalian dalam semalam.

Mmebersihkan lidah dengan lembut dapat mengaktifkan dan membangunkan organ dalam serta memastikan kalian memulai hari dengan segar.

5.Menghilangkan Bau Mulut

Manfaat berikutnya yang kalian dapat ketika kalian membersihkan lidah adalah dapat menghilangkan bau mulut.

Sel-sel mati, bakteri, atau kotoran di lidah kalian dapat menyebabkan bau mulut apabila kalian jarang membersihkan lidah kalian secara rutin. 

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2005, ditemukan bahwa membersihkan lidah sebanyak dua kali sehari selama tujuh hari dapat mengurangi perkembangan bakteri streptokokus dan laktobasilus mutans di mulut yang dapat menyebabkan bau mulut serta kerusakan gigi.

6.Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat terakhir yang kalian dapat ketika kalian membersihkan lidah adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Membersihkan lidah adalah metode yang dapat meningkatkan dan menjaga kebersihan mulut. Kebersihan mulut kalian mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kalian karena bakteri yang ada pada mulut kalian memiliki efek penekanan kekebalan. 

Ketika racun serta bakteri menumpuk di mulut kalian, dapat menyebabkan melemahnya imunitas tubuh dan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja keras melawan bakteri jahat. 

Oleh karena itu, lidah kalian adalah garis pertahanan pertama dalam tubuh kalian untuk melawan penyakit dan membersihkan lidah kalian secara rutin dapat menjadi indikator sistem kekebalan tubuh yang sehat.